t2diWAJrqWXJ4RWimqoN1xmYm7RXT9sIz69kVoTH
Pengalaman Perpanjang SIM C di Kebumen

Iklan Billboard 970x250

Free Download Blogger Template High CTR AdSense

Pengalaman Perpanjang SIM C di Kebumen

Bingung alur perpanjang SIM C di Kebumen?

Coba sempatkan waktu beberapa menit saja karena saya akan bercerita pengalaman saya memperpanjang masa berlaku SIM C di Kebumen.

Kebetulan pada bulan Juli ini SIM C saya habis masa berlakunya. Untuk itu saya harus perpanjang SIM C agar mempunyai lisensi untuk mengendarai sepeda motor.

Ada informasi yang menyebutkan bahwa untuk memperpanjang SIM C harus dilakukan sebelum masa berlaku SIM C benar-benar habis. Kalau masa berlaku SIM C sudah habis katanya tidak bisa diperpanjang dan harus membuat SIM C dari awal lagi sesuai prosedur pembuatan SIM C baru. Jadi sebelum masa berlaku SIM C habis saya segera melakukan perpanjangan SIM C.

Masa berlaku SIM C adalah 5 tahun, jadi setiap 5 tahun anda harus memperpanjang SIM C. Mungkin banyak orang yang masih ragu dan bingung bagaimana cara memperpanjang SIM C. Saya sendiri awalnya juga begitu, namun akhirnya saya bertanya di Forum Facebook "Berita Kebumen". Walaupun pertanyaan saya dianggap konyol dan dijawab nyleneh namun ada juga beberapa orang yang memberikan jawaban secara benar.

Perpanjang SIM C di Kebumen
Mobil SIM Keliling

Cara Perpanjang SIM C Di Kebumen

Untuk melakukan perpanjangan SIM di Kebumen yang pertama harus anda lakukan adalah menuju ke asrama polisi untuk melakukan cek kesehatan yang beralamat di Jl. HM Sarbini, Kranggan, Bumirejo, Kec. Kebumen, Kabupaten Kebumen.

Cek kesehatan yang dilakukan meliputi ukur tinggi badan, ukur berat badan, dan tes buta warna. Biaya yang dikeluarkan untuk administrasi cek kesehatan adalah sebesar 40rb rupiah. Anda akan mendapatkan bukti berupa surat keterangan telah melakukan cek kesehatan.

Perpanjang SIM C di Kebumen
Surat Keterangan Sehat

Perpanjangan SIM C di Kebumen bisa dilakukan di kantor Satlantas Kebumen dan mobil SIM keliling di Gedung Haji Kebumen.


Pada saat itu saya memutuskan untuk melakukan perpanjangan SIM C di Gedung Haji Kebumen karena menurut beberapa orang prosesnya cepat. Benar saja, setelah sampai disana hanya ada 3 orang yang sedang mengantri. Mungkin kalau di kantor Satlantas Kebumen antrian bisa mencapai ratusan orang.

Syarat Perpanjang SIM di Kebumen

Untuk melakukan perpanjangan SIM C di mobil SIM keliling ada beberapa syarat yang harus anda lengkapi.

  1. Melengkapi formulir yang telah disediakan petugas
  2. Surat keterangan sehat
  3. Foto copy KTP
  4. SIM C asli (ditarik)
Tidak menunggu terlalu lama kemudian petugas di dalam mobil memanggil nama saya untuk melakukan foto, tanda tangan digital, dan sidik jari. Kemudian petugas akan bertanya dan memastikan tidak ada perubahan data. Setelah itu SIM C yang baru langsung keluar.

Namun sayang sekali, pada saat itu material SIM C sedang kosong dan saya hanya mendapatkan lembaran kertas SIM C sementara.

Untuk administrasi perpanjangan SIM C melalui mobil SIM keliling anda akan dikenakan biaya sebesar 100rb rupiah.

Demikian pengalaman saya memperpanjang SIM C di Kebumen. Semoga informasi ini bermanfaat untuk anda yang akan melakukan perpanjangan SIM C di Kebumen.

Jangan lupa share cerita saya ini di akun media sosial anda ya, supaya makin bermanfaat untuk orang lain. 
Baca Juga
SHARE

Related Posts

Subscribe to get free updates

Posting Komentar