Pengertian AM dan PM

Pengertian AM dan PM, judulnya simpel tapi jika tidak mengerti seringkali membuat orang bingung. Tulisan AM dan PM sering kita lihat pada jam digital yang pengaturannya menggunakan format internasional.

Sebelumnya kita harus tahu terlebih dahulu jika AM dan PM adalah format penunjukkan waktu secara internasional biasanya digunakan di negara Eropa dan Amerika Serikat. Seperti yang kita ketahui bahwa penunjukkan waktu jam hanya sampai pada angka 12, sedangkan satu hari terdapat 24 jam. Untuk itu format AM dan PM bertujuan menunjukkan waktu 2 periode yaitu 12 siang dan 12 malam.

Pengertian AM dan PM

Di Indonesia penunjukkan waktu menggunakan format 24 jam. Sebagai contoh di Indonesia jam 9 pagi dapat ditulis dengan 09.00 WIB sedakang jam 9 malam dapat ditulis dengan 21.00 WIB. 

Sedangkan di negara Amerika dan Eropa jam 9 pagi biasanya ditulis dengan 09.00 AM dan jam 9 malam ditulis dengan 09.00 PM.

Apakah sampai disini anda sudah mengerti? Jika belum mari sama-sama kita pahami bersama.

Pengertian AM dan PM

Singkatan AM adalah ante meridiem yang memiliki arti before noon atau sebelum tengah hari. Penunjukkan waktu AM yaitu dari jam 12 malam sampai jam 11.59 siang hari. Jadi untuk lebih dipahami penunjukkan waktu AM yaitu dari tengah malam hingga tengah hari pada jam 11.59 siang.

Sedangkan singkatan PM adalah post meridiem yang meiliki arti post noon atau setelah tengah hari. Penunjukkan waktu PM yaitu dari jam 12 siang sampai jam 11.59 malam hari. Untuk lebih mudah dipahami penunjukkan waktu PM yaitu dari siang tengah hari atau jam 12 siang hingga malam hari jam 11.59.

Lebih gampangnya, AM dan PM berubah ketika telah melewati jam 12 siang maupun jam 12 malam. Karena format AM dan PM hanya menunjukkan siang dan malam.

Demikian pengertin AM dan PM yang dapat saya jelaskan semoga mudah dipahami. Jika masih bingung dengan penjelasan saya di atas anda dapat meninggalkan komentar pada kolom komentar yang telah tersedia dibawah.

Belum ada Komentar untuk "Pengertian AM dan PM"

Posting Komentar

Terima kasih sudah membaca tulisan saya,

Silahkan berikan komentar dan tanggapan Anda tentang tulisan Saya diatas. Komentar Anda akan memberikan energi positif untuk Saya tetap semangat menulis kembali.

- Berkomentar lah dengan baik dan sopan
- Tidak perlu meninggalkan link aktif, karena Saya pasti akan mengunjungi kembali blog Anda.
- Subcribe jika tulisan Saya bermanfaat untuk Anda

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2