7 Kelebihan Menggunakan Memory Card

Memory card merupakan tempat penyimpanan data yang dapat ditambahkan pada handphone atau smartphone. Dengan bentuk kecil yang merupakan kelebihan menggunakan memory card, memory card mempunyai kapasitas yang berbeda-beda mulai dari 1 GB sampai ada yang 128 GB. Harga memory card tergantung dari jenis merk nya dan besarnya kapasitas yang dimiliki.

Penggunaan memory card sekarang ini sangatlah banyak dan dalam jumlah yang besar. Mengingat hampir setiap orang yang mempunyai smartphone atau handphone, pastilah punya memory card. Apa sebegitu pentingnya memory card? Sampai orang-orang menggunakan memory card sebagai tempat penyimpanan data eksternal.

Untuk mengetahui alasan kenapa memory card itu penting, kita bisa melihat 7 manfaat memakai memory card.

7 Kelebihan Menggunakan Memory Card


1. Bisa Meyimpan Data Lebih Banyak

Kadang kita mengeluhkan kapasitas memory internal handphone kita yang kapasitas terlalu kecil untuk menyimpan file-file. Tentu kita menginginkan kapasitas memory yang lebih besar. Sehingga kita tetap bisa meyimpan banyak file dan data-data yang penting di dalam smartphone.
Di sinilah peran utama dari memory card, memory card berfungsi sebagai tempat penyimpanan eksternal atau tambahan untuk dipasang pada perangkat smartphone kita. Dengan kapasitasnya yang variatif, mulai dari 2 GB, 4 GB, 8 GB, 16 GB, sampai 64 GB, kita bisa memilih sesuai dengan kebutuhan kita. Dan anda tidak perlu khawatir lagi jika memory internal smartphone sudah penuh. Anda bisa menyimpannya di memory card atau memory eksternal.

2. Lebih Praktis dan Ekonomis

Ini merupakan salah satu dari 7 kelebihan menggunakan memory card. Ukurannya yang relatif kecil membuat memory card mudah dan praktis untuk digunakan. Berbeda dengan tempat penyimpanan data lainnya seperti flash drive atau flash disk misalnya. Flashdisk mempunyai ukuran yang agak lebih besar daripada memory card. Meskipun kapasitas ukurannya rata-rata tidak jauh beda.
Kelebihan Menggunakan Memory Card

Selain itu, harga memory card tergolong murah dan mendapatkannya pun sangat mudah. Karena hampir disetiap konter HP pasti jual memory card. Harga memory card pun berbeda-beda. Tergantung dari besarnya kapasitas memory dan jenis mereknya.

3. Untuk Menyimpan Data Multimedia

File data multimedia biasanya memiliki ukuran yang lebih besar daripada jenis file lainnya seperti dokumen, dsb. Data multimedia yang berukuran besar seperti video pasti akan membutuhkan ruang penyimpanan yang lebih besar. Oleh karena diperlukan sebuah tempat penyimpanan eksternal yang lebih besar. Memory card bisa menjadi salah satu tempat penyimpanan eksternal.

4. Dapat Digunakan untuk Menyimpan Data Backup Sistem Operasi

Membackup data sistem operasi dari aplikasi smartphone anda memerlukan kapasitas yang cukup besar. Dan perlu untuk anda ketahui, melakukan backup sistem operasi aplikasi utama smartphone adalah sangat penting. Untuk itu gunakanlah memory card yang mempunyai kapasitas besar dan akses yang cepat.

5. Untuk Menambah Kapasitas dan Performa RAM pada Smartphone Android

Smartphone punya anda kapasitas RAM-nya kecil sehingga menjadi lemot ketika menjalankan aplikasi-aplikasi berat? Mungkin anda perlu mencoba dengan menambah kapasitas RAM smartphone android anda dengan memanfaatkan partisi memory card. Dengan meningkatkan RAM smartphone anda, diharapkan performa smartphone android milik anda menjadi lancar jaya.

Menambah kapasitas RAM dengan menggunakan memory card disebut dengan metode Virtual Memory (VR RAM). Ada dua metode VR RAM dengan menggunakan memory card. Pertama, Swap File yaitu membuat virtual memory menggunakan file yang disimpan di memory card sebagai media untuk swap/menukar. Kedua, Swap Partition yaitu metode dengan memanfaatkan partisi memory card untuk membuat virtual memory.

6. Memiliki Kapasitas Ukuran yang Lengkap

Memory card hadir dengan kapasitas yang berbeda-beda ukurannya. Mulai dari yang berukuran 1GB, 2GB, 4GB, hingga 64GB. Sehingga orang-orang bisa memilihnya sesuai dengan selera dan kebutuhannya masing-masing. Harga memory card pun dijual dengan harga yang paling murah hingga yang mahal.

Tempat yang jual memory card pun saat ini sudah banyak dengan ukuran-ukuran kapasitas yang bermacam-macam dan lengkap. Sehingga anda pun dapat dengan mudah memilikinya sebagai perangkat penyimpanan eksternal pada smartphone, kamera, mp3 player, dan perangkat lainnya.

7. Dapat Digunakan Pada Berbagai Jenis Perangkat

Memory card dapat dipasang di perangkat yang berbeda. Asalkan perangkat tersebut memiliki slot sebagai tempat memory card. Sekarang ini hampir kebanyakan perangkat elektronik sudah memiliki slot untuk memory card. Sebut saja smartphone, speaker aktif, CD/DVD player, laptop, kamera, pemutar musik, dan lain sebagainya.

Memiliki memory card sekarang ini adalah hal yang wajib bagi setiap orang. Memory card memudahkan kita untuk menyimpan berbagai macam file dan data penting. Bentuknya yang portable memudahkan kita untuk memindahkan file-file dari perangkat yang satu ke perangkat lainnya.

Itulah beberapa kelebihan memory card yang bisa kamu temukan. Memory card membantumu mengatasi masalah penyimpanan yang penuh pada device kamu. 

Kamu juga bisa melihat review memory card yang baru saja saya beli. Mau tahu? Klik video dibawah ini ya 

Belum ada Komentar untuk "7 Kelebihan Menggunakan Memory Card"

Posting Komentar

Terima kasih sudah membaca tulisan saya,

Silahkan berikan komentar dan tanggapan Anda tentang tulisan Saya diatas. Komentar Anda akan memberikan energi positif untuk Saya tetap semangat menulis kembali.

- Berkomentar lah dengan baik dan sopan
- Tidak perlu meninggalkan link aktif, karena Saya pasti akan mengunjungi kembali blog Anda.
- Subcribe jika tulisan Saya bermanfaat untuk Anda

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2