Bolehkah Ibu Hamil Makan Pempek

Bolehkah Ibu Hamil Makan Pempek

Bolehkah Ibu Hamil Makan Pempek
Bolehkah Ibu Hamil Makan Pempek - Siapa sih yang belum tahu Pempek? Makanan khas Palembang tersebut sudah terkenal di berbagai kota di Indonesia. Berbagai kalangan sangat menyukasi makan tersebut, salah satunya adalah ibu hami? Namun yang menjadi pertanyaan adalah, bolehkah ibu hamil makan pempek?

Sebenarnya yang menjadi persoalan bukan pempek nya, melainkan saus cuka nya. Pempek memang menjadi sangat nikmat ketika disajikan dengan saus cuka yang khas. Namun mengkonsumsi cuka dapat berperngaruh terhadap ibu hamil.

Apa saja yang bahaya dan pengaruh mengkonsumsi cuka pada ibu hamil?

Bolehkah Ibu Hamil Makan Pempek


1. Diare
Cuka yang diberikan pada makanan akan membuat makanan tersebut memiliki tingkat keasaman yang tinggi. Tidak semua orang cocok ketika mengkonsumsi cuka. Makanan yang asam akan membuat lambung teriritasi sehingga akan membuat diare. Diare sangat berbahaya pada ibu hamil karena dapat menyebabkan dehidrasi yang berujung pada keguguran.

2. Mual
Mual juga merupakan efek yang bisa muncul setelah mengkonsumsi makanan asam. Biasanya ibu hamil akan mengalami morning sicknes, kondisi mual nya akan semakin bertambah ketika mengkonsumsi makanan yang asam karena mengandung cuka.

3. Cairan Ketuban Sedikit
Seperti yang telah disebutkan diatas bahwa cuka dapat menyebakan dehidrasi, oleh karena itu tidak disarankan dikonsumsi secara berlebihan oleh ibu hamil karena dapat menyebabkan cairan ketuban sedikit. Akibatnya janis yang berada didalam kandungan akan terasa lemas.

4.Sakit Kepala
Selain dapat menyebakan efek pada kehamilan, mengkonsumsi cuka juga dapat menyebabkan sakit kepala. Jika sakit kepada sudah melanda tentunya sangat mengganggu aktivitas ibu hamil.

5.Perut Kembung
Makanan yang mengandung cuka dapat menyebabkan perut terasa kembung. Hal tersebut dikarenakan cuka dapat memicu naiknya gas lambung sehingga perut terasa kembung. Tentunya hal tersebut mengakibatkan kondisi yang tidak nyaman didalam perut sehingga tidak enak jika terisi makanan.

Nah, jika ada pertanyaan bolehkah ibu hamil makan pempek, jawabannya  adalah Ibu Hamil boleh kok makan pempek, namun yang perlu diperhatikan adalah saus cuka nya. Jangan berlebihan mengkonsumsi saus cuka nya karena tidak baik untuk kondisi kehamilan dan kondisi badan ibu hamil sendiri.
Advertisement

Baca juga:

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar

Terima kasih sudah membaca tulisan saya,

Silahkan berikan komentar dan tanggapan Anda tentang tulisan Saya diatas. Komentar Anda akan memberikan energi positif untuk Saya tetap semangat menulis kembali.

- Berkomentar lah dengan baik dan sopan
- Tidak perlu meninggalkan link aktif, karena Saya pasti akan mengunjungi kembali blog Anda.
- Subcribe jika tulisan Saya bermanfaat untuk Anda