Cara Menjaga Kandungan Agar Tidak Keguguran

Cara Menjaga Kandungan Agar Tidak Keguguran

cara menjaga kandungan agar tidak keguguran
Setiap ibu yang sedang hamil pasti menginginkan kandungannya dalam keadaan yang sehat hingga nanti pada proses persalinan. Namun ada kalanya sebelum waktu proses persalinan tiba keadaan kandungan ibu terganggu hingga mengalami keguguran. Untuk itu seharusnya ibu hamil harus lebih mengetahui cara menjaga kandungan agar tidak keguguran, apalagi bagi yang baru pertama kali hamil tentu saja informasi untuk menjaga kandungan sangat diperlukan.

Sebelumnya anda harus mengetahui terlebih dahulu tanda-tanda kandungan mengalami keguguran. Ibu hamil juga harus mengetahui informasi tentang tanda-tanda keguuran, hal ini untuk mengantisipasi jika terjadi sesuatu pada kandungan sang bisa segera mencari pertolongan medis.

Jika ibu hamil mengalmi perdarahan segeralah untuk memeriksa kandungan ke dokter. Perdarahan yang tejadi pada vagina biasanya merupakan tanda bahwa kandungan bermasalah. Dari 10 ribu ibu hamil yang mengalami keguguran, 3 ribu diantaranya diawali dengan adanya perdarahan. Jika terjadi perdarahan jangan panik, segeralah meminta pertolongan medis agar kemungkinan terjadinya keguguran dapat dicegah

Ibu hamil juga harus waspada jika mengalami perdarahan yang disertai dengan rasa nyeri. Perdarahan yang disertai dengan rasa nyeri juga merupakan gejala kandungan mengalami keguguran. Biasanya bagian tubuh yang mengalami rasa nyeri antara lain bagian panggul, perut, dan punggung.

Bila usia kehamilan telah bertambah dan melewati trimester pertama, ibu hamil biasanya akan  merasakan gerakan janin yang ada di dalam kandungan. Gerakan di dalam kandungan menjadi tanda bahwa janin dalam keadaan baik, namun bila gerakan dalam kandungan berkurang segeralah untuk konsultasi dengan dokter kandungan.

Tanda keguguran selanjutnya adalah keluar darah yang menggumpal dan jaringan dari vagina. Jika keluar jaringan dari vagina segera letakkan ke dalam wadah yang bersih lalu bawalah ke dokter unutk diperiksa lebih lanjut tentang kondisi yang sebenarnya.

Cara Menjaga Kandungan Agar Tidak Keguguran

Setelah anda tahu tentang tanda-tanda keguguran sekarang anda juga harus mengetahui tentang cara menjaga kandungan agar tidak keguguran. Ada beberapa tips yang dapat anda lakukan agar kandungan anda tetap dalam keadaan sehat.

cara menjaga kandungan agar tidak keguguran

  1. Jika sedang dalam keadaan hamil sebaiknya kebiasaan buruk seperti minum alkohol dan merokok. Alkohol dan asap rokok sangat berpengaruh besar bagi  janin yang ada di dalam kandungan.
  2. Olahraga memang penting, namun jika dalam keadaan hamil sebaiknya jangan melakukan olahraga berat seperti lari dan aerobi. Untuk ibu hamil cukup berolahraga dengan melakukan gerakan-gerakan yang ringan saja.
  3. Perbanyak mengkonsumsi makanan yang bergizi, namun hindari makan yang banyak mengandung vitamin A.
  4. Untuk menambah asupan gizi bisa dengan mengkonsumi suplemen dan makanan tambahan lain. Namun jangan salah pilih, pastikan anda mengkonsumsi suplemen yang aman dikonsumsi oleh ibu hamil.
  5. Ibu hami harus cukup istirahat. Rasa mengantuk akan sering dialami ibu hamil. Sebaiknya jangan ditunda, tidur dan istirahatlah dengan cukup agar kandungan tetap terjaga.
Itulah sedikit tips untuk menjaga kandungan, sebenarnya yang paling penting adalah faktor dari sang ibu sendiri yang harus menggunakan pola hidup sehat yang nantinya tentu sangat bermanfaat bagi sang ibu dan janin yang ada di dalam kandungan.

Jangan lupa selama hamil rutinlah untuk selalu berkonsultasi dengan dokter kandungan agar janin yang ada dalam kandungan selalu terpantau. Melakukan pemeriksaan USG di dokter kandungan adalah salah satu upaya untuk mengetahui perkembangan janin yang ada di dalam kandungan.

Demikian informasi tentang cara menjaga kandungan agar tidak keguguran, jika informasi ini bermanfaat jangan lupa share informasi ini di media sosial yang anda punya ya, agar manfaat nya lebih dapat dirasakan oleh banyak ibu hamil lainnya.
Advertisement

Baca juga:

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar

Terima kasih sudah membaca tulisan saya,

Silahkan berikan komentar dan tanggapan Anda tentang tulisan Saya diatas. Komentar Anda akan memberikan energi positif untuk Saya tetap semangat menulis kembali.

- Berkomentar lah dengan baik dan sopan
- Tidak perlu meninggalkan link aktif, karena Saya pasti akan mengunjungi kembali blog Anda.
- Subcribe jika tulisan Saya bermanfaat untuk Anda