Cara Merawat Luka Jahitan Agar Cepat Kering

Cara Merawat Luka Jahitan Agar Cepat Kering

Cara Merawat Luka Jahitan Agar Cepat Kering
Cara Merawat Luka Jahitan Agar Cepat Kering - Tindakan jahit biasanya akan dilakukan pada seseorang yang mengalami luka robek pada jaringan tubuh nya. Fungsi  jahitan pada luka adalah untuk menghindari luka dari bahaya infeksi dan mempercepat proses penyembuhan luka. Sebaiknya luka akibat jahitan harus dilakukan perawatan, karena apabila hanya dibiarkan saja bisa jadi buan kesembuhan yang didapat melainkan luka yang terus-menerus ada bahkan bisa menimbulkan luka baru yang lebih luas.

Merawat luka jahitan memang diperlukan ilmu khusus agar penanganan luka dapat dilakukan secara tepat dan benar. Untuk itu sebaiknya merawat luka dilakukan oleh dokter atau perawat yang memang sudah kompetensinya untuk merawat luka. Namun tidak ada salahnya jika anda mengetahui bagaimana cara merawat luka jahitan agar cepat kering.

Umumnya proses penyembuhan luka jahit antara 1 sampai 2 minggu. Selama masa tersebut sebaiknya peban yang menutupi luka jahitan diganti setiap hari. Proses mengganti perban luka jahit sebaiknya di tangani oleh perawat. Nantinya perban baru yang akan dipasang akan diberi cairan antiseptik yang berfungsi untuk membuat luka jahitan cepat kering dan meminimalisir infeksi.

Selama luka jahit belum sembuh 100% sebaiknya hindari area luka jahitan dari air. Sebab jika terkena air akan membuat lembab luka dan proses penyembuhan berlangsung lebih lama. Tidak ada makanan khusus yang harus anda konsumsi untuk mempercepat penyembuhan luka jahitan. Namun sangat disarankan untuk anda mengkonsumsi makanan yang bergizi dan berprotein tinggi. Fungsi protein adalah untuk membantu perbaikan sel yang rusak akibat luka jahitan.
Cara Merawat Luka Jahitan Agar Cepat Kering
Cara merawat luka jahitan agar cepat kering yang selanjutnya adalah dengan menghindari gerakan yang terlalu berlebihan pada daerah luka jahitan. Karena apabila terlalu banyak gerakan dikhawatirkan akan terjadi gesekan pada luka jahitan yang akan membuat luka jahitan akan sembuh lebih lama.

Setelah luka jahitan cukup kering maka perban yang menutupi luka jahitan dapat dilepas. Pada saat perban telah dilepas biasanya akan terasa gatal pada daerah bekas luka. Itu merupakan hal yang wajar, jangan anda garuk karena dapat membuat luka baru. Yang terpenting adalah anda harus rutin meminum obat yang telah diberikan oleh dokter atau perawat yang akan membantu proses penyembuhan pada luka jahitan.

Tidak semua benang pada luka jahitan perlu dilepas, ada benang jahitan tidak perlu untuk dilepas karena dapat diserap tubuh dan nantinya akan hilang dengan sendirinya. Ingat ya, untuk melepas jahitan jangan anda lakukan sendiri, serahkan pekerjaan tersebut kepada dokter atau perawat agar dapat mendapatkan tindakan yang tepat.

Lama penyembuhan luka jahitan berbeda-beda, tergantung bagian tubuh mana yang mendapat jahitan dan tergantung pada kondisi orang yang mendapat jahitan. Jahitan biasa pada tangan akan lebih cepat sembuh dibandingkan jahitan yang ada pada bagian perut akibat tindakan operasi. Seseoran yang memiliki daya tahan tubuh yang baik akan lebih cepat sembuh lukanya dibandingkan seseorang yang memiliki daya tahan tubuh yang buruk.

Itulah informasi cara merawat luka jahitan agar cepat kering, semoga setelah membaca artikel ini anda dapat lebih memahami tentang perawatan untuk luka jahitan yang mungkin sedang anda alami. Untuk menghindari infeksi pada luka lakukan cara yang tepat untuk merawat luka tersebut. Pergilah ke Rumah Sakit atau Puskesmas untuk bertemu dokter atau perawat yang akan merawat luka. Jika luka tidak kunjung sembuh dan bertambah parah sebaiknya anda konsultasikan kembali luka anda kepada dokter agar mendapatkan penanganan lebih lanjut.
Advertisement

Baca juga:

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar

Terima kasih sudah membaca tulisan saya,

Silahkan berikan komentar dan tanggapan Anda tentang tulisan Saya diatas. Komentar Anda akan memberikan energi positif untuk Saya tetap semangat menulis kembali.

- Berkomentar lah dengan baik dan sopan
- Tidak perlu meninggalkan link aktif, karena Saya pasti akan mengunjungi kembali blog Anda.
- Subcribe jika tulisan Saya bermanfaat untuk Anda