5 Cara Mengatasi Rasa Mual Saat Hamil Muda

5 Cara Mengatasi Rasa Mual Saat Hamil Muda

cara  mengatasi rasa mual saat hamil muda
Rasa  mual seringkali terjadi pada wanita yang sedang hamil muda. Belum ada  yang mengetahaui secara pasti penyebab rasa mual saat hamil muda. Namun rata-rata wanita yang hamil muda dengan usia kehamilan minggu pertama hingga bulan ketiga akan merasa mual. Kondisi ini memang wajar dialami oleh wanita yag sedang hamil muda. Rasa mual biasanya terjadi pada pagi hari, oleh karena itu mual saat hamil muda sering disebut mornig sickness. Meski begitu rasa mual juga bisa terjadi kapan saja. Untuk itu jika saat ini anda sedang mengalami kondisi sering mual karena sedang hamil muda, sempatkanlah untuk membaca informasi ini hingga selesai agar anda dapat mengetahui penyebab rasa mual dan cara mengatasi rasa mual saat hamil muda.

Penyebab rasa mual saat hamil muda sebenarnya belum diketahui secara pasti. Namun beberapa ahli kesehatan menyebutkan bahwa kondisi tersebut dipengaruhi oleh perubahan hormon yang terjadi pada wanita hamil. Ketika hamil tubuh akan memproduksi hormon human chorinic gonadotropin (HCG), hormon tersebut yang kemungkinan menyebabkan rasa mual. Kondisi wanita hamil yang stres juga dapat meningkatkan rasa mual, untuk itu wanita yang sedang hamil muda disarankan untuk cukup istirahat.

Rasa mual sebenarnya adalah hal yang wajar dialami dan tidak membahayakan janin yang ada didalam kandungan selama frekuensi mual masih ringan. Frekuensi mual setiap wanita hamil berbeda-beda, ada yang ringan namun tidak jarang ada yang mengalami mual terus-menerus dan mengganggu aktivitas. Namun masalah tersebut dapat anda atasi dengan  mengikuti tips cara mengatasi rasa mual saat hamil muda dibawah ini.


1. Cukup Isitirahat

cara mengatasi rasa mual saat hamil

Seperti yang telah dijelaskan diatas, wanita yang sedang hamil muda disarankan untuk isitrahat yang cukup. Cara ini merupakan cara yang paling sederhana untuk mengatasi rasa mual saat hamil muda.

2. Minum Jahe
cara mengatasi rasa mual saat hamil muda
Manfaat minum jahe yaitu untuk mengobati rasa mual. Anda bisa minum jahe dengan tambahan mau dan jeruk nipis. Selain untuk mengobati rasa mual, jahe juga dapet mengobati masuk angin dan membuat badan yang capek menjadi segar kembali. Kualitas tidur pun menjadi lebih baik jika anda minum jahe sebelum tidur.

3. Cium Aroma Wangi dan Segar
cara mengatasi rasa mual saat hamil muda
Meningkatkanya hormon testoteron pada wanita hamil akan menyebabkan semakin sensitifnya daya peciuman. Itulah mengapa wanita hamil  muda lebih sering merasa mual ketika mencium aroma yang tidak sedap. Daya penciuman wanita yang hamil lebih sensitif daripada daya penciuman wanita yang tidak haml. Cobalah untuk menghirup aroma-aroma yang menyegarkan untuk mengurangi rasa mual.

4. Mengalihkan Perhatian
Cobalah sejenak alihkan perhatian anda dengan kesibukan yang lain seperti membaca buku, menonton tv, bermain game, memasak dll. Hal tersebut merupakan beberapa cara mengatasi rasa mual saat hamil muda. Olahraga ringan juga dapat membantu mengatasi rasa mual anda.

5. Makan Bergizi Sedikit Demi Sedikit
cara mengatasi rasa mual saat hamil muda
Pada saat hamil asam lambung akan meningkat dan perut akan terasa kembung. Hal tersebutlah yang membuat nafsu makan ibu hamil berkurang karena rasa mual akibat asam lambung yang meningkat. Untuk jangan biarkan perut kosong. Makanlah sedikit demi sedikit dengan makanan yang bergizi. Asupan makanan yang bergizi sangat bermanfaat untuk ibu hamil dan untuk janin yang ada didalam kandungan.

Itulah beberapa cara mengatasi rasa mual saat hamil muda yang bisa anda lakukan untuk mengurangi rasa mual. Oh, iya jangan lupa ya untuk cukup minum air putih, karena apabila sering mual tubuh kita akan lemas akibat kehilangan cairan. Untuk itu minum air putih yang cukup untuk mengganti cairan tubuh yang hilang.
Advertisement

Baca juga:

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar

Terima kasih sudah membaca tulisan saya,

Silahkan berikan komentar dan tanggapan Anda tentang tulisan Saya diatas. Komentar Anda akan memberikan energi positif untuk Saya tetap semangat menulis kembali.

- Berkomentar lah dengan baik dan sopan
- Tidak perlu meninggalkan link aktif, karena Saya pasti akan mengunjungi kembali blog Anda.
- Subcribe jika tulisan Saya bermanfaat untuk Anda