Hampir Lupa Perpanjang Sewa Domain

Hampir Lupa Perpanjang Sewa Domain

perpanjang sewa domain
Tidak terasa sudah 2 tahun blog kangyuli.com menjadi media menulis saya. Masih ingat dulu ketika pertama kali saya mengelola blog ini yang awalnya hanya sebuah blog gratisan dari platform blogger lalu saya coba untuk kelola lebih serius dengan menyewa domain dari Jagoan Hosting. Jika mengingat ke belakang rasanya campur aduk karena pada saat pertama mengelola blog ini ketika saya masih berstatus sebagai pengangguran. Waktu itu memang saya sedang tidak memiliki pekerjaan selepas saya mengundurkan diri dari pekerjaan saya dan memutuskan kembali ke kampung halaman.

Boleh dibilang blog kangyuli.com saya bangun dengan penuh susah payah. Niat pertama kali mengelola blog ini adalah untuk menyalurkan perasaan dan pengalaman melalui sebuah tulisan, kemudian saya putuskan untuk mengelola blog ini secara lebih maksimal dari pada untuk sekedar curhat melalui tulisan.

Dulu blog ini menggunakan TLD atau Top Level Domain pada saat malam takbiran Idul Fitri tahun 2016. Pada saat tahun 2017 kemarin saya sudah melakukan pembayaran sewa domain sampai tahun 2018. Nah, pada tahun 2018 ini sudah tiba saatnya saya untuk membayawar sewa domain kembali. Namun kemarin saya hampir saya kehilangan domain kangyuli.com karena saya hampir lupa untuk melakukan pembayaran perpanjangan sewa domain di Jagoan Hosting.

Memang untuk mengelola sebuah blog yang menggunakan domain TLD kita sebaiknya harus memperhatikan waktu pembayaran perpanjangan sewa domain agar blog kita tetap bisa di akses menggunakan alamat domain TLD. 

Untuk sewa domain TLD biasanya dimulai dari masa sewa 1 tahun, 2 tahun, 3 tahun, hingga sampai 5 tahun. Jika anda memutuskan untuk menggunakan domain TLD anda bisa memilih masa sewa domain sesuai budget yang anda miliki. Saya sendiri menyewa domain 1 tahun, artinya setiap tahun saya harus melakukan pembayaran sewa domain untuk tahun berikutnya.

Beberapa waktu yang lalu saya mencoba untuk membuka blog pribadi saya menggunakan handphone. Saya kaget karena blog saya tidak bisa di akses. Sudah saya coba buka dengan berbagai browser namun tetap tidak dapat di akses. Saat itu saya teringat tentang perpanjangan domain. Benar saja, setelah saya cek email ada pemberitahuan untuk pembayaran masa sewa domain. Sebetulnya pemberitahuan tersebut sudah terkirim ke email saya 1 bulan yang lalu, namun karena saya tidak membuka email saya tidak lupa kalau domain TLD saya harus segera diperpanjang masa sewanya agar tetap bisa di akses.

perpanjang sewa domain
Saya kemudian membuka akun Jagoan Hosting, memang benar ada tagihan perpanjangan masa sewa domain yang harus segera saya bayar. Ketika itu domain saya memang harus segera diperpanjang karena saat itu tinggal kurang lebih 90 menit lagi untuk saya segera melunasi tagihan perpanjangan masa sewa domain. Untung saja saya memakai mobile banking, segera saya melakukan transaksi dengan mentransfer sejumlah uang sesuai dengan tagihan ke Jagoan Hosting. Saya harus menunggu kurang lebih selama 30 menit untuk dapat memastikan blog kangyuli.com bisa di akses kembali.

perpanjang sewa domain

Alhamdulillah setelah menunggu 30 menit blog pribadi saya ini bisa di akses kembali. Untung saja saya segera membayar tagihan perpanjangan sewa domain tersebut, jika tidak terbayar saya tidak dapat mengelola blog ini dengan domain kangyuli.com lagi.

perpanjang sewa domain

Kini saya bisa lagi kembali menulis di blog ini, kembali mencari rezeki dari iklan Google Adsense dan artikel yang bersifat jualan di blog ini. Selain sebagai sarana untuk menulis, blog ini memang menjadi alat saya untuk mencari rezeki dari iklan Adsense dan jualan produk.

Nah, ini adalah pengalaman saya ketika saya hampir kehilangan domain TLD karena lupa untuk melakukan pembayaran sewa domain. Pelajaran berharga untuk kedepan agar lebih memperhatikan lagi kapan saatnya untuk melakukan perpanjangan sewa domain.
Advertisement

Baca juga:

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

2 komentar

Saya kira domain TLD belinya sekali tanpa harus bayar perpanjangan. Setelah saya baca sampai akhir ada beberapa pertanyaan: Apakah dengan menggunakan Domain bisa membuat blog kita menjadi nomor satu atau masuk 10 besar di halaman pertama mesin pencari ?. Apakah pemula seperti saya harus langsung beli domain sedangkan posisi saya masih belajar mulai dari menulis yang baik sampai tentang pengetahuan platform bloger ?. Apakah faktor yang harus diperhatikan sebagai tanda kalau sudah waktunya pindah dan membeli domain ?.

Mohon penjelasan.

Balas

Saya paling takut kalau lupa perpanjang domain. Sayang namanya itu lho...

Balas

Terima kasih sudah membaca tulisan saya,

Silahkan berikan komentar dan tanggapan Anda tentang tulisan Saya diatas. Komentar Anda akan memberikan energi positif untuk Saya tetap semangat menulis kembali.

- Berkomentar lah dengan baik dan sopan
- Tidak perlu meninggalkan link aktif, karena Saya pasti akan mengunjungi kembali blog Anda.
- Subcribe jika tulisan Saya bermanfaat untuk Anda