Cara Mengirim Paket Pos Terbaru

Cara Mengirim Paket Pos Terbaru

Sudah seminggu ini saya sering sekali untuk pergi ke Kantor Pos untuk mengirim paket. Selain jasa pengiriman surat dan wesel pos, Kantor Pos juga memiliki layanan pengiriman paket baik pengiriman dalam negeri maupun pengiriman ke luar negeri. Saya memang sering melakukan pengiriman barang jualan saya. Saya memilih mengirim paket melalui Kantor Pos karena jangkauan pelayanan Kantor Pos sangat luas sekali. Hampir di setiap kecamatan di Indonesia kini memiliki Kantor Pos. Jadi Kantor Pos menjadi pilihan yang tepat untuk mengirim paket karena jangkauan yang luas dan juga tarif pengiriman paket nya yang terjangkau.

Mengirim barang melalui Kantor Pos sangat mudah sekali untuk dilakukan. Hal yang pertama harus anda lakukan adalah dengan mempersiapkan barang yang akan kita kirim menggunakan Jasa Paket Pos. Sebelum anda membawa barang, terlabih dahulu kemas barang paket secara rapi dan aman. Banyak barang yang bisa dikirim paket melalui Kantor Pos. Untuk itu perlakuan setiap barang yang akan dikirim juga berbeda. Contohnya. jika anda mengirim barang berupa dokumen anda hanya memerlukan amplop, lain halnya jika anda akan mengirimkan barang yang bersifat pecah belah. Anda harus mengemas barang paket anda secara aman.

Ada beberapa tips untuk mengemas paket yang akan dikirim di Kantor Pos sesuai dengan jenis barang yang akan anda kirim. Berikut ini penjelasannya :

Anda dapat menggunakan amplop untuk mengemas barang paket anda yang tidak memerlukan perlakuan khusus. Misalnya anda akan mengrim dokumen, surat penting, buku maka andu cukup mengemas paket anda dengan menggunakan amplop coklat atau amplo kado.

Lain halnya jika anda akan mengirim paket barang yang mempunyai resiko kerusakan akibat getaran seperti mengirim barang elektronik. Maka anda memerlukan buble wrap atau plastik gelembung yang bisa anda gunakan untuk meminimalisir guncangan pada barang yang akan anda kirimkan

Jika anda akan mengirim barang elektronik dan barang pecah belah yang ukurannya lebih besar, maka styrofoam dapat anda gunakan untuk melindungi paket barang anda dari resiko kerusakan akibat getaran, goncangan, dan benturan yang bisa saja terjadi pada saat pengiriman barang melalui Jasa Paket Pos. Selain itu kardus dan peti kayu dapat anda gunakan untuk mengemas barang paket anda yang memerlukan perlindungan khusus. 

Cara Mengirim Paket Melalui Kantor Pos

Untuk mengirim paket melalui Kantor Pos sebenarnya sama dengan mengirim paket melalui jasa ekspedisi lainnya. Hal penting yang harus anda ketahui sebelum anda mengirim paket Pos adalah ongkos kirim. Anda bisa mengetahui berapa ongkos kirim yang harus anda bayarkan melalui website resmi Kantor Pos. Setalah anda mengetahui berapa biaya ongkos kirim anda dapat melakukan langkah berikut ini :
cara mengirim paket pos

  1. Siapkan barang yang akan anda kirim dengan mengemasnya secara rapi dan aman. 
  2. Tulis identitas pengirim dan penerima secara tepat. Penulisan identitas memiliki aturan tersendiri lho.
  3. Jika barang yang akan anda paketkan telah siap, anda bisa langsung menuju Kantor Pos terdekat. Kebijakan dari Kantor Pos jika barang anda memiliki berat kurang dari 1 kilogram maka akan tetap terhitung dengan berat 1 kilogram.
Setelah anda membayar biaya ongkos kirim, anda akan menerima nomor resi. Nomor resi bisa anda gunakan untuk melacak paket yang anda kirimkan melalui Kantor Pos. Cara untuk melacaknya adalah dengan memasukkan nomor resi pada halaman lacak kirim di website resmi Pos Indonesia.

Itulah sekilah penjelasan tentang cara mengirim paket pos. Mudah-mudah dapat membantu anda yang saat ini masih bingung tentang cara mengirim paket pos



Advertisement

Baca juga:

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar

Terima kasih sudah membaca tulisan saya,

Silahkan berikan komentar dan tanggapan Anda tentang tulisan Saya diatas. Komentar Anda akan memberikan energi positif untuk Saya tetap semangat menulis kembali.

- Berkomentar lah dengan baik dan sopan
- Tidak perlu meninggalkan link aktif, karena Saya pasti akan mengunjungi kembali blog Anda.
- Subcribe jika tulisan Saya bermanfaat untuk Anda