Cara Mempercepat Loading Blog 2018

Cara Mempercepat Loading Blog 2018

Cara Mempercepat Loading Blog - Selain karena konten yang berkualitas, kecepatan loading blog juga sangat mempengaruhi seberapa tinggi pengunjung yang nantinya akan mengakses blog tersebut. Seberapapun bagus dan unik konten yang anda buat, jika blog anda memiliki loading yang lambat saat membuka halaman blog maka pengunjung akan meninggalkan blog anda. Hal ini nantinya akan mempengaruhi rangking SERP ( Search Engine Result Page )

Blog yang memiliki loading cepat lebih disukai pengunjung dari pada blog yang memiliki loading lambat. Jadi begini, pengunjung sebuah blog tentunya berharap dalam sekian detik dapat mendapatkan informasi dari blog, namun jika blog tersebut terlalu lama dalam menampilkan informasi yang yang pengujung cari maka pengunjung blog dipastikan akan segera meninggalkan blog anda. Oleh karena itu jika anda membuat sebuah blog, anda harus mengerti cara mempercepat loading blog agar blog anda disukai oleh pengujung maupun mesin pencari Google.

Tidak jarang kita melihat blog yang mempunyai tampilan berlebihan. Memang blog akan terlihat sangat cantik, namun tampilan blog yang belerbihan dengan memakai banyak widget yang tidak begitu diperlukan akan membuat kecepatan blog menjadi lambat. Untuk itu jika anda membuat dan medesain blog utamakan telebih dahulu kenyamanan pengunjung, salah satunya dengan medesain blog dengan tampilan yang sederharana namun memiliki kecepatan yang baik. Jika anda melihat situs Google anda akan melihat tampilan yang begitu sederhana. Google membuat tampilan situsnya sederhana untuk memberikan kenyamanan dan kecepatan situsnya sehingga pengujung akan merasa puas dan nyaman saat membuka situs Google.

Jadi sekarang lupakanlah tampilan blog yang aneh-aneh dengan membuat background gambar pacar, membuat hujan salju, membuat tampilan kursor yang aneh karena itu semua justru sangat merugikan bagi kesehatan blog anda. Gunakanlah template blog yang memiliki tampilan sederhana dan yang responsive sehingga blog anda dapat dilihat melalui monitor laptop, komputer, maupun segala jenis handpone yang ada sekarang ini. Anda juga disarankan untuk menggunakan template berjenis AMP yang diklaim memiliki kecepatan tinggi saat digunakan.

Buatlah konten yang informatif, unik, dan tentunya bermanfaat bagi pengunjung. Dengan konten yang infomartif dan unik maka pengunjung akan merasa puas setelah membaca konten yang anda tuliskan. Sebaiknya jangan anda terlalu berlebihan dalam memikirkan desain blog anda karena akan menyita waktu. Dari pada anda pusing memikirkan tampilan blog lebih baik gunakan waktu anda untuk menulis konten yang infomatif. Desainlah blog anda ketika awal membangun blog, jangan sering-sering mengganti tampilan blog karena hal tersebut juga sangat merugikan blog anda. Pilihlah dengan tepat template blog yang anda gunakan. Pemilihan template blog yang tepat juga merupakan salah satu cara mempercepat loading blog.

Bagi anda yang mendulang rupiah dari iklan adsense yang tentunya akan sangat rugi jika blog sepi pengujung dikarenakan kecepatan blog sangat lambat sehingga ditinggalkan seketika oleh pengunjung. Jika itu terjadi maka pendapatan iklan adsense anda pun akan mengalami penurunan. Lalu kapan blog anda akan menghasilkan uang dari Google Adsense jika blog anda saja sepi pengunjung? Untuk itu rawatlah blog anda dengan membuat konten informartif yang banyak dicari orang dan perbanyak informasi cara mempercepat loading blog agar blog anda ramai pengunjung dan potensi pendapatan dari klik iklan adsense lebih banyak.

Cara Mempercepat Loading Blog 

Cara Mempercepat Loading Blog

Jangan biarkan blog anda memiliki reputasi yang buruk pada mesin pencari maupun pengunjung blog. Pastikan blog anda tidak terlalu lama saat dibuka. Untuk itu anda harus menerapkan cara yang saya terapkan pada blog-blog yang saya kelola. Cara mempercepat loading blog dibawah ini berlaku untuk platform blogspot dan WordPress :

1. Hapus widget yang tidak terlalu penting 

Widget adalah aplikasi yang dipasang pada blog dengan menggunakan kode. Dengan menggunakan widget kita dapat menampilkan gambar, video, flash, kalender, form chat dll. Pasanglah widget yang benar-benar diperlukan untuk blog. Menurut saya dengan memasanng widget popular post dan label itupun sudah cukup. Tidak perlu anda menggunakan widget untuk menampilan foto maupun video karena itu semua dapat membuat kecepatan blog anda menjadi lambat.

2. Kurangi gambar pada home page

Menurut para pakar blog dan SEO penggunaan gambar dapat mempengaruhi kecepatan sebuah blog. Gambar yang memiliki ukuran besar akan membuat blog menjadi lemot. Untuk itu disarankan jika ingin menggunakan gambar pada bagian home page sebaiknya buatlah gambar dengan ukuran kecil kurang dari 30 Kb misalkan untuk gambar pada bagian logo blog atau favicon.

3. Jangan gunakan warna yang berlebihan

Warna yang berlebihan pada home page juga akan menambah kapasitas home page menjadi lebih besar. Akibatnya blog menjadi lama saat dibuka. Untuk itu gunakanlah warna yang sederhana saja hitam dan putih. Hal ini juga mengacu dari tampilan Google yang sederhana dengan warna dominan hitam dan putih.

4. Kurangi link aktif pada bagian footer

Footer merupakan bagian paling bawah atau paling akhir pada blog. Biasanya pada bagian ini bisa dipasang gambar maupin link aktif dengan tujuan untuk membuat backlink. Pasanglah link akif pada bagian footer tidak lebih dari 3 link, karena jika anda memasang lebih dari 3 link juga  menjadi salah satu faktor mengapa blog anda menjadi lambat.

Kesimpulan untuk mempercepat loading blog anda harus meminimalkan penggunakan widget, menggunakan warna dasar dan tidak berlebihan, meminimalkan pemasangan link aktif pada bagian footer, gunakan gambar yang memiliki ukuran kecil khususnya pada bagian home page.

Untuk melihat skor kecepatan blog anda dapat menuju situs www.gtmetrix.com . Anda dapat mengetahui berapa skor kecepatan blog anda dan berapa halaman blog anda dapat terbuka. Didalam situs tersebut akan ada nilainya. Jika nilai kecepat blog anda merah atau memiliki nilai yang jelek sebaiknya anda segera lakukan pembenahan pada blog agar blog tetap memiliki kecepatan yang baik dan ramai pengujung.

Demikan informasi mengenai cara mempercepat loading blog, semoga dapat bermanfaat untuk anda dalam mengelola blog. Semoga dengan menerapkan tips diatas blog anda akan memiliki kecepatan yang baik. Saya menyadari masih kurangnya pengetahuan saya tentang dunia blog. Untuk itu jika anda memiliki tips lain tentang cara mempercepat loading blog, anda dapat berdiskusi dengan saya dan pengujung blog saya melalui kolom komentar dibawah artikel ini.
Advertisement

Baca juga:

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

2 komentar

akhirnya ketemu info ini.... terimakasih bro!! sangat membantu sekali.

Balas

Ternyata warna berpengaruh juga ya terhadap kecepatan blog..
Wah ilmu baru nih,, noted lah..

Keren-keren..

Balas

Terima kasih sudah membaca tulisan saya,

Silahkan berikan komentar dan tanggapan Anda tentang tulisan Saya diatas. Komentar Anda akan memberikan energi positif untuk Saya tetap semangat menulis kembali.

- Berkomentar lah dengan baik dan sopan
- Tidak perlu meninggalkan link aktif, karena Saya pasti akan mengunjungi kembali blog Anda.
- Subcribe jika tulisan Saya bermanfaat untuk Anda