Contoh Pembukaan Kultum Singkat

Contoh Pembukaan Kultum Singkat

Contoh Pembukaan Kultum Singkat - Mengisi kultum saat ini adalah bagian dari aktivitas saya ditempat kerja. Saya saat ini bekerja di Instansi Swasta yang bernuansa Islami. Setiap karyawan laki-laki sekarang ini diwajibkan untuk mengisi kultum sehabis sholat dzuhur berjamaah di masjid kantor. Petugas binroh atau bimbingan rohani yang juga merangkap sebagai ketua Takmir masjid pun membuat jadwal kultum para karyawan.  Alhamdulillah sampai saat ini jadwal kultum pun terlaksana dengan lancar.

Jujur saja, ini adalah pengalaman pertama saya mengisi kultum dihadapan jamaah yang hadir di masjid. Memang program kultum tersebut bertujuan untuk melatih para karyawan dalam berdakwah dan menyampaikan langsung di depan jamaah.  Harapannya para karyawan akan lebih berani untuk tampil berbicara di depan banyak orang dalam berdakwah.

Pembukaan kultum atau muqadimah biasa dibacakan seseorang ketika akan memberikan sambutan,  pidato, ceramah, kultum dll. Namun bagi saya tidak biasa karena sebelumnya saya tidak pernah berpidato,  ceramah, ataupun menyampaikan kultum. Untuk itu saya belajar pada beberapa orang yang sidah terbiasa meyampaikan kultum. Saya belajar mengucapkan pembukaan kultum selama 3 hari sebelum saya tampil di depan banyak jamaah.  Setiap kali melakukan aktivitas saya selalu sempatkan mengucapkan kata-kata pembukaan kultum sehingga nantinya saya hafal.

Ada beberapa bacaan pembukaan kultum. Ada yang panjang, sedang,  dan ada yang pendek atau singkat. Sebagai seorang pemula jelas saya lebih memilih pembukaan kultum dengan bacaan yang pendek. Pembukaan kultum yang singkat saja saya harus belajar selama 3 hari,  apalagi kalau muqadimah yang versi panjang ya? Bisa-bisa sebulan saya baru hafal hehe...

Contoh Pembukaan Kultum Singkat

Untuk anda yang saat ini mencari contoh pembukaan kultum singkat,  anda bisa baca dibawah ini. Saya telah menuliskan contoh pembukaan kultum singkat yang beberapa hari lalu saya gunakan ketika mengisi kultum.  Saya tulis dengan bahasa latin agar mudah dihafal, untuk versi huruf arab mungkin bisa anda cari sendiri di Google.

Berikut ini adalah contoh pembukaan kultum singkat.  Pertama adalah ucapkan salam.

contoh pembukaan kultum singkat

Assalamualaikum wr wb
Alhamdulilahi rabbil ‘alamin,
Was sholatu wassalamu ‘ala,
Asyrofil ambiyaa iwal mursalin,
Sayyidina wa maulana Muhammadin,
Wa ‘alaa ‘alihi wa shohbihi ajmain.
Ama ba’du.
Disini saya juga mendapat pengetahuan yang baru dengan pengucapan pembukaan kultum. Saya diberitahu oleh teman saya bahwa jika kita mengucapakan pembukaan kultum di jamaah warga Muhammadiyah kata "Sayyidina wa maulana Muhammadin" dihilangkan.

Contoh di atas adalah pembukaan kultum singkat. Anda bisa melanjutkan dengan pembukaan biasa seperti pada umumnya yaitu mengucapkan puji syukur ada senantiasa bersholawat untuk junjungan kita Nabi Muhammad SAW.
Advertisement

Baca juga:

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar

Terima kasih sudah membaca tulisan saya,

Silahkan berikan komentar dan tanggapan Anda tentang tulisan Saya diatas. Komentar Anda akan memberikan energi positif untuk Saya tetap semangat menulis kembali.

- Berkomentar lah dengan baik dan sopan
- Tidak perlu meninggalkan link aktif, karena Saya pasti akan mengunjungi kembali blog Anda.
- Subcribe jika tulisan Saya bermanfaat untuk Anda