Skip to main content

Ucapan Sungkeman Pernikahan Dalam Bahasa Jawa

Pada saat menghadiri acara pernikahan seringkali saya merasa tertarik ingin mengetahui apa yang diucapkan para mempelai saat prosesi ucapan sungkeman pernikahan. Biasanya kedua pengantin akan melakukan tradisi sungkeman kepada orang tua maupun mertuanya. Hal ini mungkin dimaksudkan untuk memperoleh doa restu dari orang tua agar menjadi pernikahan yang sakinah, mawaddah, dan warrohmah.

Mungkin tidak hanya saya yang penasaran dengan ucapan sungkeman pernikahan. Bisa jadi anda juga kan? Apalagi anda yang akan melangsungkan pernikahan. Tenang saja ... Melalui artikel ini akan saya bahas mengenai ucapan sungkeman pernikahan. Namun disini saya akan memberikan contoh ucapan sungkeman pernikahan dalam bahasa jawa. Contoh ucapan sungkeman pernikahan ini saya dapat dari Mas Puji, teman saya yang memang sudah biasa menjadi MC ataupun acara saat pernikahan.

Nah, berikut ini adalah contoh ucapan sungkeman pernikahan dalam bahasa jawa. Silahkan dipelajari ya sob,.

Ucapan Sungkeman Pernikahan kedua mempelai kepada orang tua
Ucapan Sungkeman Pernikahan dari kedua mempelai kepada orang tua


Duh Bapa, sungkem kulo dateng panjenengan mboten namung nyuwun idzi pangestu dateng panjenengan bilih kawula badhe mbangun griya ingkang enggal. Mugi-mugi kanthi ridho lan pangestu panjenengan, keluarga kawula dados keluarga ingkang sakinah, mawaddah, lan warrohmah.

Contoh diatas tersebut merupakan sepenggal ucapan sungkeman pernikahan yang pendek dan simpel. Namun pada intinya ucapan tersebut adalah harapan sang anak kepada orang tua untuk memberikan doa restunya karena sang anak akan membangun sebuah keluarga yang baru, dan memohon doa kepada orang tua agar keluarganya nanti akan menjadi keluarga yang sakinah, mawaddah, dan warrohmah.

Nah, mudah-mudahan anda yang akan melangsungkan pernikahan mendapatkan sedikit gambaran tentang proses sungkeman nantinya. Apakah anda mempunyai ucapan sungkeman pernikahan dengan kata-kata yang lain? Yuk share saja pada bagian komentar dibawah, agar membantu orang lain yang akan melakukan ucapan sungkeman pernikahan.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar