Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Resep Sambal Tempe Enak dan Gurih

Sambal tempe adalah salah satu menu sederhana yang paling saya suka. Walaupun makan hanya dengan sambal tempe rasanya sungguh sangat luar biasa nikmat sekali. Apalagi bila dimakan dengan nasi liwet yang masih hangat, saya jamin anda juga bakal nambah terus makannya. Sambal tempe juga bisa untuk menu sarapan pagi. Biasanya ibu saya juga membuat sambal tempe untuk sarapan saya sebelum berangkat bekerja. Sebelumnya saya tidak begitu memperhatikan bagaimana cara membuat sambal tempe, saya tahunya cuma makan saja. Namun kemarin saya mencoba untuk membuatnya sendiri.

Untuk membuat sambal tempe ternyata sangatlah mudah sekali. Bahan-bahan yang digunakan pun sangat gampang dicari diwarung atau pun dipasar. Selain mudah didapat,bahannya pun sangat murah. Jadi anda tidak perlu mengeluarkan biaya mahal untuk makan dengan menu sederhana tetapi dengan rasa restaurant hotel bintang lima.


Bahan-bahan yang digunakan untuk membuat sambal tempe

1. tempe
2. 5 cabai rawit (jumalah cabai bisa anda sesuaikan sesuai selera anda)
3. garam
4. bawang putih
5. minyak goreng (untuk menumis)

Untuk membuat sambal tempe, langkah pertama harus anda lakukan adalah dengan memanaskan minyak goreng. Lalu masukkan tempe, cabai rawit, dan bawang putih ke dalam minyak goreng yang telah panas. Goreng sampai berwarna kecoklatan. Jika sudah masak lalu tiriskan sebentar. Selanjutnya anda bisa menyiapkan peralatan untuk membuat sambal tempe yaitu ulekan. Masukkan tempe, cabai rawit, bawang putih kedalam ulekan, lalu ulek sampai tercampur semua bahan. Jangan lupa tambahkan garam dan gula untuk menambah nikmat sambal tempe yang anda buat. Sajikan dengan nasi hangat.

Oh ya, selain disebut sebagai sambal tempe, ada juga yang menyebut sambal bawang. It's oke,,, mungkin karena aroma bawang yang kuat menjadikan orang menyebut sebagai sambal bawang. Tetapi karena bahan utama yang digunakan adalah tempe, maka saya lebih suka menyebutnya sambal tempe.
Yuli
Yuli Hai, selamat datang di profil blogger saya. Kamu boleh memanggil saya Yuli. Saya merupakan seorang karyawan swasta yang terkadang menuangkan ekspresi melalui sebuah tulisan. Ingat ya, "terkadang" .. karena memang saat ini intensitas saya untuk menulis sedikit kacar karena harus berbagi waktu dengan kegiatan di tempat kerja. Saya mengelola beberapa blog baik menggunakan blogspot maupun wordpress. Saya harap kita dapat terus menjalin pertemanan dengan saling memberikan support dalam kegiatan menulis melalui media blog. Salah hangat, Yuli

Posting Komentar untuk "Resep Sambal Tempe Enak dan Gurih"