Pengalaman Memakai Template Blog AMP

Template blog AMP mungkin memang sedang lagi jadi perbincangan banyak blogger di Indonesia saat ini. Walaupun belum semua tahu apa itu blog AMP, tetapi gara-gara pakar template Mas Adhy dan Kang Ismet dunia perbloggeran di Indonesia cukup banyak yang mengetahui informasi tentang template blog AMP. Tidak sedikit mereka yang penasaran dengan template AMP sehingga mereka memutuskan untuk mencoba memakai template AMP pada blog mereka. Salah satu blogger di Indonesia yang menjadi korban kepo tentang template AMP adalah Saya sendiri hehehe...

Jadi ceritanya hari ini sebagian besar waktu Saya habiskan di depan laptop. Saya penasaran dengan template AMP seperti info yang telah Saya baca sebelumnya di blog kompiajaib. Denger-denger sih katanya blog AMP adalah project baru dari Google. Istilahnya masih dalam percobaan. Memang di Indonesia sendiri masih sedikit sekali blogger yang memakai template blog AMP pada blog mereka, namun katanya project AMP ini bakalan terus di sosialisaikan kepada para blogger. Hal ini tentunya karena semakin banyaknya user yang memakai perangkat lain untuk membuka blog, contohnya seperti memakai handphone, tablet dll.



Gara-gara Saya baca-baca tentang blog AMP di blog kompiajaib akhirnya Saya tertarik untuk mencoba template AMP. Kebetulan di blog kompiajaib dibagikan template AMP kompidesign secara gratis. Akhirnya karena rasa ingin tahu yang cukup besar semakin membuat Saya semangat untuk mencoba template tersebut, terlebih karena ada embel-embel gratis hehehe ... siapa coba yang tidak mau gratisan?

Saya download template kompidesign buatan Mas Adhy, kemudian Saya terapkan pada blog Saya. Hasilnya cukup menarik,.. Menurut Saya blog AMP sangat cepat dibuka. Tampilan blog juga sangat bagus. Namun ternyata ada beberapa kesalahan dalam blog. Ternyata hampir semua postingan blog yang ada pada blog Saya tidak valid AMP. Oh, iya untuk mengecek apakah blog valid AMP atau tidak dengan cara memasang extesion pada AMP Validator Google Chrome.

Sebagian besar masalahnya karena gambar dalam postingan blog Saya masih menggunakan html biasa. Sedangkan jika nkita menggunakan template AMP, gambar yang ada dalam postingan di blog harus diterapak dengan awalan amp-img pada mode html di kotak postingan blog.

Masalah lainnya yang Saya temui adalah sulitnya untuk membuat contact form. Nah, gara-gara contact form ini Saya seharian melototin laptop. Untuk membuat contact form template AMP ada tutorialnya di blog kompiajaib. Silahkan Anda meluncur sendiri ke sana. Selain itu template AMP belum support related post dan belum bisa untuk membuat sitemap Mas Adhy dan Kang Ismet katanya kepalanya udah ngebul mikirin caranya tapi sampai sekarang belum ketemu. Mungkin Anda bisa mencobanya, nanti kalau ketemu jangan lupa di share ya.

Nah, gara-gara masalah yang ada saat memakai template AMP tersebut akhirnya Saya menyerah. Kepala Saya juga jadi ngebul ngutak-atik gak ketemu-ketemu.

Kalau Anda pengin cobain pantengin aja blog kompiajaib dan kang ismet. Disana ada beberapa tutorial tentang template blog AMP. Anda juga bisa mencoba template AMP dari yang gratis hingga berbayar. Anda juga bisa belajar tentang AMP disini. Jangan lupa ya, kalau sudah jago ajarin Saya !!!
LihatTutupKomentar