Cara Memasang Widget Contact Form Pada Halaman Statis

Salah satu kelengkapan sebuah blog adalah dengan adanya halaman statis yang memungkinkan pengunjung dengan mudah dapat berkomunikasi dengan pemilik blog. Biasanya halaman statis tersebut ditulis sebagai hubungi kami, kontak kami, contact us dll.

Untuk membuat contat us berada pada halaman statis adalah dengan membuat halaman contact us melalui pihak ketiga. Anda dapat mencoba untuk menggunakan foxyform. Dengan foxyform Anda dapat membuat halaman contact us dengan mudah dan tanpa mendaftar terlebih dahulu. Anda hanya perlu memasang kode HTML di halaman statis pada blog Anda.

Sebenarnya Anda dapat membuat pengunjung blog Anda dengan mudah menghubungi Anda dengan memasang widget contact form. Namun sayangnya widget contact form hanya dapat Anda pasang pada sidebar blog Anda. Bagi sebagian blogger tidak msalah contact us terdapat pada bagian sidebar, namun Saya pribadi kurang menyukai contact us yang terdapat di sidebar. Saya cendurung lebih suka contact us berupa halaman statis.

Jika Anda menginginkan membuat halaman contact us dengan widget contact form bawaan blogger mungkin sebaiknya Anda baca tutorial dibawah ini.

Cara Memasang Widget Contact Form Pada Halaman Statis

Cara ini Saya dapatkan dari blog mas sugeng. Mas sugeng sendiri menemukan cara ini dari blog lain. Jangankan Saya, Mas Sugeng sendiri tidak tahu pasti siapa sumber pertama yang menemukan cara ini. Yang jelas Saya sangat berterima kasih. Untuk itu Saya akan kembali share kepada Anda para pembaca setia blog Saya. Semoga dapat membantu Anda membuat halaman contact us dengan widget contact form bawaan blogger.

Pertama-tama yang harus Anda lakukan adalah dengan masuk ke Tata Letak > Tambahkan Gadget > Pilih Gadget Lainnya

 
Jangan lupa klik simpan. Kemudian drag formulir kontak yang telah Anda buat dari sidebar menuju ke bawah postingan blog. Sebagai contohnya lihat gambar dibawah ini.


Langkah selanjutnya yang harus Anda lakukan adalah menyembuyikan widget contact form dengan CSS.

Caranya adalah dengan masuk ke Template > Edit HTML. Selanjut Anda cari kode seperti dibawah ini.
]]></b:skin>
Selanjut Anda copy kode berikut ini di atas kode yang tadi Anda cari. Letakkan tepat di atasnya.
.widget.ContactForm {
 display: none;
 }
Langkah terakhir adalah dengan membuat halaman kosong. Beri nama judul halaman tersebut contohnya hubungi kami, kontak kami, contact us dll sesuai selera Anda. Kemudian pada bagian editor pilih mode HTML. Copy kode dibawah ini, dan Pastekan didalamnya.
<style type="text/css">
 .widget.ContactForm {
 display: block;
 }
 .post-footer {
 display: none;
 }
 #blog-pager {
 display: none;
 }
 .blog-feeds {
 display: none;
 }
 .widget.ContactForm .title {
 display: none;
 }
 .widget.ContactForm * {
 max-width: 100%;
 }
 </style
Jangan lupa Publikasikan.

Selamat kini blog Anda telah memiliki halaman contact us dengan widget contact form bawaab blogger.

Kini pengunjung blog Anda dapat dengan mudah untuk berkomunikasi dengan Anda sebagai pemilik blog.

Bagaimana? Cukup mudah kan Cara Memasang Widget Contact Form Pada Halaman Statis ???

Silahkan Anda praktekkan sendiri, jika Anda merasa kesulitan silahkan hubungi Saya melalui halaman contact yang telah tersedia pada bagian paling atas blog ini. Salam blogger.




LihatTutupKomentar