Penyakit Ganglion dan Cara Penanganannya

Pada artikel kali ini Saya akan mencoba berbagi informasi mengenai penyakit ganglion. Saya kebetulan mempunyai ganglion di pergelangan tangan kiri Saya. Mungkin Anda juga mempunyai ganglion di tangan Anda?

Pertama-tama mari kita cari tahu pengertian penyakit ganglion. Menurut wikipedia, ganglion merupakan sebuah bongkahan jaringan biologis. Yang sering terjadi adalah kista ganglion, benjolan kecil yang umumnya muncul di tangan atau di kaki.

ganglion di pergelangan tangan

Ganglion di pergelangan tangan kiri Saya sudah ada dari 3 tahun yang lalu. Dulu Saya kaget dengan perubahan fisik di pergelangan tangan Saya yang tiba-tiba terdapat benjolan. Kebetulan Saya bekerja di suatu rumah sakit. Saya tanya kepada teman perawat dan saat itu baru lah Saya mengetahui jika benjolan di tangan Saya itu disebut ganglion.

ganglion di pergelangan tangan
Menurut teman perawat Saya, ganglion memang umumnya muncul di persedian. Ganglion bisa terjadi akibat trauma, terjadi cedera pada pergelangan tangan yang mengakibatkan terjadinya kebocoran pada pembungkus minyak sinovial. Minyak sinovial tersebut membentuk seperti kapsul yang mendesak ke kulit sehingga tampak benjolan pada permukaan kulit.

Minyak Sinovial sendiri merupakan sebuah bantalan atau pelumas. Minyak Sinovial terdapat pada sendi-sendi sinovial antara lain sendi lutut, sendi bahu, sendi pergelangan tangan, sendi siku. Minyak sinovial berfungsi sebagai bantalan atau pelumas yang memungkinkan kedua tulang yang membentuk sendi dapat bergerak dengan bebas. Sama seperti mobil yang membutuhkan minyak untuk menjaga bagian yang bergerak, sendi manusia pun perlu dijaga dengan baik dan diminyaki.

Nah, dari penjelasan di atas sekarang kita mengetahui bahwa isi ganglion merupakan minyak sinovial yang keluar dari pembungkusnya dan mendesak ke kulit.

Tangan Saya dulu memang pernah terkilit sewaktu bermain sepak bola. Saya pada saat bekerja di rumah sakit tersebut juga baru memiliki sepeda motor kopling. Mungkin karena itu tangan kiri Saya menjadi bekerja lebih ekstra sehingga mengakibatkan muncul ganglion di pergelangan tangn kiri Saya.

Sebenarnya Saya pribadi kurang sependapat jika ganglion adalah suatu penyakit, karena ganglion bukanlah hal menakutkan dan mematikan. Sekalipun dibiarkan dalam waktu bertahun-tahun penderitanya tetap sehat dan tidak akan mengalami sesuatu yang negatif. Saya sendiri selama 3 tahun memiliki ganglion di pergelangan tangan tidak mempunyai keluhan sakit.

ganglion di pergelangan tangan

Untuk menghilangkan ganglion bisa secara media dengan cara suntik ganglion dan operasi. Mungkin sudah banyak yang bilang obat herbal bisa untuk menyembuhkan ganglion. Menurut Saya kemungkinannya kecil karena ganglion sendiri bukanlah penyakit. Tetapi jika Anda ingin mencoba dengan obat herbal silahkan saja.

Saran Saya jika Anda memiliki benjolan di sendi jangan terlalu khawatir. Mungkin Saja benjolan tersebut merupakan ganglion. Namun jika benjolan tersebut menimbulkan rasa sakit dan berkembang menjadi besar tidak terkendali Anda perlu untuk segera periksa ke dokter bedah.

Demikian penjelasan mengenai penyakit ganglion dan cara penanganannya semoga memberikan tambahan informasi kesehatan untuk Anda. Share artikel ini jika menurut Anda bermanfaat. Terima kasih