Skip to main content

Cara Membuat Surat Keterangan Sehat Dari Dokter

Hai Sobat blogger, kali ini Saya akan menceritakan pengalaman pribadi Saya membuat surat keterangan sehat dari dokter. Saya saat ini adalah seorang pengacara, pengangguran banyak acara atau bahasa kerennya adalah Job Seeker hehe. Cerita tentang Saya sebagai seorang Job Seeker telah Saya tulis sebelumnya di artikel pengalaman cara membuat SKCK yang kadaluarsa.

Memang sob saat ini Saya sedang dalam proses melengkapi berkas lamaran saya. Nah, pada hari dimana artikel ini di tulis saya baru saja membuat surat keterangan sehat dari dokter. Surat keterangan sehat dari dokter memang tidak harus dilampirkan dalam berkas lamaran, hanya saja di tempat saya ingin melamar kerja diharuskan melampirkan surat keterangan sehat dari dokter.
 
Saya ingin berbagi pengalaman kapada sobat sekalian. Barangkali sobat blogger ada yang belum mengetahu cara membuat surat keterangan sehat dari dokter.

Cara Membuat Surat Keterangan Sehat 

surat keterangan sehat dari dokter

Caranya cukup mudah kok sob. Biasanya instansi meminta surat keterangan sehat dari dokter negeri atau yang berstatus PNS. Nah, sobat tinggal datang saja ke Puskesmas terdekat atau Rumah Sakit negeri untuk membuat surat keterangan sehat.

Kebetulan kali ini saya datang ke Puskesmas di dekat tempat tinggal saya. Karena untuk ke Rumah Sakit perjalanan dari rumah Saya cukup jauh. Belum lagi kalau di Rumah Sakit antriannya panjang banget dan Saya malas untuk menunggu. Lebih baik membuat di Puskemas antriannya tidak begitu panjang dan biayanya cukup murah. Toh hasil surat keterangan sehat yang di dapat sama saja. Sama-sama dari instansi negeri.

Pertama-tama sobat mendaftar dulu ya di bagian pendaftaran di puskesmas. Disini sobat akan di tanya mengenai nama lengkap, umur, alamat, nama orang tua, dan keperluan membuat surat keterangan sehat. Kemudian sobat diminta untuk membayar biaya administrasi untuk pendaftaran sebesar Rp. 3.000,- saja. 

Setelah itu sobat disuruh menunggu antrian. Kemudian dokter akan memanggil kita ke ruang pemerikasaan. Biasanya dokter akan bertanya keperluan membuat surat keterangan sehat itu untuk apa. Sobat jawab saja sejujurnya. 

Dokter akan mencocokan data identitas yang tadi sudah di isis di pendaftaran. Setelah itu dokter akan memeriksa tekanan darah, tinggi badan, dan berat badan.

Sampai disini data yang diperlukan untuk membuat surat keterangan sehat dari dokter sudah lengkap. Jika sudah lengkap kita akan diberikan form yang berisi data-data tadi yang telah di isis oleh dokter. Sampaikan kepada petugas pendaftaran untuk di data kembali.

Sesudah surat keterangan sehat itu jadi nanti kita akan di panggil oleh petugas pendaftaran. Biaya administrasi untuk membuat surat keterangan sehat sebesar Rp. 5000,-. Murah sekali bukan?

Nah, itu lah pengalaman Saya membuat surat keterangan sehat dari dokter. Semoga bisa membantu sobat yang sedang bingung untuk buat surat keterangan sehat. Share jika bermanfaat ya.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar