Skip to main content

3 Hal Yang Bisa Membuat Blogger Pemula Frustasi

Banyak alasan seseorang untuk menjadi blogger. Dari mulai hobi, ingin curhat, memberikan manfaat untuk banyak orang, dan mencari penghasilan. Yang Saya sebutkan terakhir tadi adalah alasan paling banyak untuk menjadi seorang blogger. Saya pun begitu, apakah Anda juga?

Menjadi seorang blogger memang berpeluang untuk memperoleh penghasilan dari blog dengan bekerja sama menjadi pubisher di Google Adsense. Banyak sudah blogger-blogger di Indonesia yang sudah merasakan begitu gurihnya penghasilan dari ngeblog.

Anda bisa melihat sendiri sekarang ini banyak group sharing yang membahas tentang Google Adsense. Anda bisa menemukan group-group tersebut baik di Google Plus maupun group Facebook. Disana Anda bisa belajar bersama dengan para blogger-blogger lain untuk bisa membuat blog secara benar sehingga bisa menghasilkan.

Sayangnya banyak blogger mati sebelum berperang.

Apakah Anda maksud dengan pernyataan Saya di atas?

3 Hal Yang Bisa Membuat Blogger Pemula Frustasi

Jadi begini, Saya sendiri pun merasakannya. Sebagai seorang blogger pemula biasanya kita hanya fokus pada hasilnya Saja. Lebih-lebih setelah kita melihat foto-foto penghasilan Google Adsense para mastah di group sharing. Blogger pemula pasti hanya melihat enaknya saja, hanya ingin hasilnya saja. Tapi lupa tentang proses cara mendapatkannya.

Sebelumnya Saya lebih sering ngeblog dengan wordpress gratisan dimana kita tidak bisa untuk menjadi seorang publisher adsense sebelum upgrade ke domain premium. Kemudian Saya mulai melirik blogspot karena dari segi tampilan menurut Saya blogspot lebih menarik. Kebanyakan blog yang sudah menjadi mitra Google Adsense juga Saya lihat memakai paltform blogger/blogspot.

Untuk itu dalam 3 bulan terkahir ini Saya memutuskan untuk membuat blog dengan platform blogger/blogspot. Mungkin sudah ada belasa blog yang Saya buat. Tetapi semuanya tidak terurus. Paling banyak update beberapa artikel lalu bikin blog baru lagi dan seterusnya.

Ini adalah blog yang terakhir Saya buat. Di blog ini Saya baru menyadari dari pengalaman Saya sendiri. Ternyata selama ini Saya kalah sebelum berperang. Saya hanya mengangkat senjata namun tidak pergi berperang. Saya hanya membuat blog namun tidak terurus.

Mungkin pengalaman pribadi ini tidak hanya Saya saja yang mengalami. Saya yakin sebagian blogger pemula pasti akan merasakan hal yang serupa. Terlebih jika alasannya menjadi seorang blogger karena ingin memiliki penghasilan yang besar seperti screenshot para mastah blogger di group sharing.

Saya mendapatkan 3 point penting tentang hal-hal yang membuat blogger frustasi.

1. Tampilan Blog

Semua pasti setuju jika tampilan blog merupakan hal pertama yang membuat blogger pemula menjadi frustasi. Saya kemarin merasakannya. Saya merasa bahwa tampilan blog Saya kurang menarik. Bagaimana pengunjung akan suka kalau tampilan blog saja kurang menarik.

Tapi ternyata alasan tersebutlah yang membuat Saya kalah sebelum berperang. Saya hanya terlalu memikirkan tampilan tapi melupakan isi blog yang seharusnya Saya tampilkan. Setiap hari hanya mengurusi tampilan blog, bahkan Saya bisa ganti template 5x sehari. Ujung-ujungnya membuat artikel pun sekenanya saja.

2. Tidak Ada Pengunjung

Dengan hadirnya pengunjung akan semakin menambah semangat kita untuk terus ngeblog. Tapi bagaimana jika kita baru membuat blog baru? Tentu saja harus membangunnya dari nol. Ibarat membuat rumah kita harus menyusun batu bata satu persatu sampai rumah itu jadi.

Parahnya bagi sebagian blogger pemula mereka lupa kenapa blognya sepi pengunjung. Bagaimana tidak sepi, posting artikel saja sedikit dan hanya mengurusi tampilan blog saja.

Tips dari Saya biar blog tidak sepi, rajin-rajinlah bersosialisasi. Walaupun ini duniay maya tapi tetap saja kita sebagai user adalah manusia biasa yang sejatinya adalah makhluk sosial. Caranya bersosialisasi adalah dengan rajin-rajin blogwalking, memberikan komentar dan pendapat Anda pada blog orang lain, perbanyak pertemanan terutama melalui media Google Plus yang sudah diberikan gratis oleh Google untuk mempromosikan blog Anda.

3. Tidak Diterima Google Adsense

Menjadi seorang publisher Google Adsense adalah salah satu tujuan dari seseorang untuk ngeblog. Sehingga jika tujuan itu tidak tercapai biasanya semangat untuk ngeblog pun akan berkurang, bahkan bisa berhenti untuk ngeblog. Padahal banyak masih cara memanfaatkan blog menjadi pundi-
pundi uang selain dengan Google Adsense.

Saran Saya sebaiknya jangan terlalu ngotot dengan tujuan Anda. Berpikirlah ngeblog adalah sesuatu yang menyenangkan, sesuatu yang mengasyikkan, yang bisa memberikan manfaat bagi orang lain.

Demikian 3 hal yang bisa membuat blogger pemula frustasi yang dapat Saya sampaikan. Maaf apabila dalam penyampaian masih sulit dimengerti karena kemampuan merangkai kata saya yang acak-acakan. Maklum, namanya juga blogger pemula. Yang penting tetap semangat menulis. Salam blogger.




Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar