Usaha Yang Cocok Di Desa Terbukti Menguntungkan

Usaha Yang Cocok Di Desa Terbukti Menguntungkan

Untuk memulai sebuah usaha yang cocok di desa memang harus dipelajari dan persiapkan terlebih dahulu agar usaha dapat berjalan dengan lancar. Usaha di desa sangat lah berbeda dengan usaha di kota. Usaha di desa belum tentu cocok untuk diterapkan di kota, begitu pun sebaliknya. Untuk itu jika anda berdomisili di desa dan berencana akan membuka usaha maka anda harus tahu terlebih dahulu usaha yang cocok di desa yang terbukti menguntungkan.
Usaha Yang Cocok Di Desa Terbukti Menguntungkan

1. Usaha Sewa Alat Pertanian

Semakin maju nya teknologi juga dirasakan dibidang pertanian. Kini para petani dimudahkan dengan berbagai alat pertanian yang bisa memudahkan petani bekerja. Contohnya traktor, anda bisa membuka usaha traktor untuk disewakan kepada petani untuk membajak sawah. Usaha sewa alat pertanian ini sangat menjanjikan apalagi pada saat memasukin musim tanam padi.

2. Jual beli hasil pertanian dan perkebunan

Hampir setiap desa di Indonesia memiliki komoditas dalam hal pertanian dan perkebunan. Hasil dari bertani dan berkebun tentunya banyak dijumpai di desa. Ini merupakan prospek usaha yang menguntungkan jika anda tinggal di desa.

Anda bisa menjadi seorang pengepul hasil bertani dan berkebun dari para petani. Hasil bertani dan berkebun tersebut bisa anda jual kembali ke daerah lain. Tentunya anda harus menjalin hubungan yang baik dengan para petani agar terus terjalin kerja sama yang baik. Selain anda mendapatkan keuntungan dari hasil pertanian, anda juga membantu para petani untuk mendistribusikan hasil pertanian sehingga kehidupan petani di desa bisa lebih sejahtera.

3. Usaha ternak hewan

Membuka usaha ternak hewan menjadi pilihan lain untuk membuka usaha di desa. Anda bisa membuka usaha ternak ayam, kambing, sapi, dll. Banyaknya rumput dan pakan ternak memudahkan anda untuk menjalankan usaha ternak hewan.

Anda bisa membentuk kelompok peternak hewan misalnya ternak kambing. Anda memperoleh indukan kambing dan memelihara kambing tersebut sampai berkembangbiak. Jika sudah berkembangbiak anak kambing atau indukan kambing diserahkan kepada anggota kelompok lain sampai berkembangbiak dan begitu seterusnya. Manfaat lain jika anda memiliki kelompok peternak anda dapat saling berdiskusi tentang informasi seputar ternak hewan yang sedang anda jalani.

4. Budidaya ikan

Nah, kalau ini adalah usaha yang pernah saya coba di desa tempat tinggal saya. Waktu itu saya mencoba usaha budidaya ternak ikan lele. Saya memutuskan untuk ternak ikan lele karena saya melihat peluang usaha ternak ikan lele ini sangat bagus. Tidak sedikit masyarakat kini memilih mengkonsumsi ikan lele.

Untuk memulai usaha ternak ikan lele diperlukan modal. Ada 2 jenis modal, yaitu modal tempat usaha dan modal biaya pakan. Anda harus mempunyai tempat yang bagus untuk usaha ternak lele. Tempat yang sangat cocok untuk usaha ikan lele adalah tempat dimana cahaya matahari masih bisa menyinari permukaan kolam ikan lele.

Modal biaya pakan sangat perlu anda perhatikan. Menurut pengamatan saya hampir 85% orang yang pertama kali mencoba usaha ternak lele gagal dikarenakan faktor pakan. Ikan lele membutuhkan pakan khusus yang biasa dijual di toko pakan ternak. Namun harga pakan tersebut sangatlah mahal. Terakhir saya beli pakan ikan lele harganya 284 ribu per 30kg atau 1 karung. Anda harus bisa mensiasati pemberian pakan agar usaha ternak ikan lele anda tetap mendapatkan profit atau keuntungan.

Anda juga harus mempunyai pengetahuan tentang cara ternak lele agar usaha ternak lele berjalan lancar. Disamping itu anda harus tahu masalah-masalah yang nantinya akan anda hadapi saat anda memutuskan untuk membuka usaha ternak lele. Masalah-masalah tersebut antara lain lele banyak yang mati, perut ikan lele banyak yang kembung, dll

Baca juga : Penyebab Kembung Pada Perut Ikan Lele

5. Usaha olahan pangan

Usaha olahan pangan ini terbukti membuat tetangga saya bisa sukses. Tetangga saya membuka usaha olahan pangan didepan rumahnya. Sebagian makanan sudah dimasak sebelumnya, dan sebagian lagi dimasak di depan rumah. Menu olahan pangan yang dijual berupa gorengan, cemilan, lauk, sayur dll. Tetangga saya membuka warung nya dari mulai pagi pukul 05.30 WIB sampai habis.

Anda juga dapat mencoba usaha ini untuk anda coba. Anda bisa menjual roti, snack, cemilan, makanan khas daerah anda dll. Untuk membantu mempercepat penjualan, anda bisa titipkan hasil olahan pangan anda ke toko-toko disekitar rumah anda.

 6. Bisnis bibit tanaman

Bisnis bibit tanaman juga sangat cocok sekali untuk anda coba mengingat didesa tanahnya masih sangat subur sehingga cocok untuk bertani,berkebun, dan berbisnis bibit tanaman. Anda dapat menjual bibit tanaman untuk pertanian dan perkebunan, selain itu anda juga dapat menjual bibit tanaman hias.

Bicara tentang bibit tanaman, saya ada kenalan teman nih. Dia adalah mang yono, beliau menjual bibit tanaman padi super genjah yang katanya tahan hama dan umur padi yang pendek sehingga lebih cepat panen. Selain itu beliau juga menjual bibit kelapa kopyor dan buang melati belanda lho. Dari bisnis jual bibit tanaman ini mang yono pun mendapat penghasilan tambahan yang lumayan lho. 
Usaha Yang Cocok Di Desa Terbukti Menguntungkan
Benih padi mangyono

Usaha Yang Cocok Di Desa Terbukti Menguntungkan
Kelapa kopyor mangyono

Usaha Yang Cocok Di Desa Terbukti Menguntungkan
Bunga melati belanda mangyono

7. Usaha PPOB

PPOB adalah kepanjangan dari Payment Point Online Bank yan artinya sistem pembayaran online dengan memanfaatkan perbankan. Jadi anda bisa melayani penjualan pulsa hp, pulsa listrik, bayar tiket pesawat, bayar tiker kereta api, dan bayar tagihan-tagihan lainnya. Usaha PPOB kini sudah menjamur dikalangan masyarakat. Namun tidak ada salahnya jika anda menjalankan usaha PPOB ini sebagai usaha sampingan anda.

Sebenarnya masih banyak usaha yang bisa anda coba didesa. Saya sendiri tinggal didesa dan kini usaha saya pun sudah sedikit membantu membuat dapur untuk tetap ngebul.

Baca juga : Usaha Penitipan Sepeda Dirumah Yang Mulai Membuahkan Hasil

Itulah beberapa contoh usaha yang cocok di desa terbukti menguntungkan. Anda bisa memilih usaha apa yang cocok untuk anda cocok untuk anda coba di desa tempat anda tinggal. Selamat mencoba menjalankan usaha anda. Salam sukses

Sumber Gambar : mangyono.com 
Advertisement

Baca juga:

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar

Terima kasih sudah membaca tulisan saya,

Silahkan berikan komentar dan tanggapan Anda tentang tulisan Saya diatas. Komentar Anda akan memberikan energi positif untuk Saya tetap semangat menulis kembali.

- Berkomentar lah dengan baik dan sopan
- Tidak perlu meninggalkan link aktif, karena Saya pasti akan mengunjungi kembali blog Anda.
- Subcribe jika tulisan Saya bermanfaat untuk Anda