Download Video Kuda Lumping Kesurupan

Download Video Kuda Lumping Kesurupan

Tari kuda lumping adalah kesenian asli dari tanah jawa yang menggambarkan beberapa prajurit berperang dengan menunggang kuda. Kuda pada tari kuda luping bukanlah kuda dalam arti sebenarnya,  melainkan replika kuda dari anyaman bambu yang dibentuk sedemikian rupa. Penari kuda lumping dalam membawakan penampilannya menggunakan busana ala prajurit kerajaan. Tari kuda lumping merupakan warisan budaya peninggalan nenek moyang yang sampai sakrang masih terus dilestarikan ditempat tinggal saya di Kebumen.

Di Kebumen, Cilacap, Banyumas dan sekitarnya tari kuda lumping lebih dikenal dengan ebeg. Di tempat lain ada juga yang menyebut jaranan, jathilan, tari kuda kepang. Kebumen memiliki beberapa group tari kuda lumping yang sampai saat ini masih eksis menampilkan pertunjukan seni tari kuda lumping dari satu tempat ke tempat lain. Biasanya tari kuda lumping dipertunjukkan saat acara syukuran dan hajatan.

Salah satu hal yang unik pada perntunjukkan tari kuda lumping adalah pada saat kesurupan. Tidak hanya para penari yang kesurupan, namun juga tidak sedikit penonton yang kesurupan. Jika seseorang sedang kesurupan atau mendem (istilah jawa) akan terlihat dari reaksi orang tersebut yang berubah menjadi beringas dan tidak terkendali tetapi ada juga yang biasa saja alias kalem saat kesurupan. Saya pun kurang mengetahui apakah jika seseorang sedang kesurupan itu sebenarnya sadar atau tidak.

Setelah kesurupan biasanya akan langsung menunggangi kuda lumping dan menari seakan-akan sedang menunggang kuda sungguhan. Ada juga yang berkelakuan ekstrim jika sedang kesurupan contohnya seperti memakan beling, mengupas kelapa dengan gigi dan sebagainya.

Pada beberapa waktu yang lalu salah seorang tetangga saya sedang mengadakan syukuran dengan menampilkan hiburan rakyat pertunjukan tari kuda lumping. Masyarakat sekitar sangat antusias untuk menonton pertunjukkan tari kuda lumping tersebut. Pada pertunjukkan tari kuda lumping tersebut banyak orang yang kesurupan. Tidak hanya pria saja yang kesurupan, bahkan ada seorang wanita yang ikut kesurupan atau mendem. Hal ini cukup unik, karena jarang-jarang ada seorang wanita yang kesurupan. Untuk itu saya mengabadikan moment unik tersebut dalam video yang dapat anda download dan anda lihat seperti pada video di atas.

Advertisement

Baca juga:

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

1 komentar

Dulu tiap kali ada kuda lumping aku antara seneng dan takut. Suka ikut nonton tapi ga berani dekat-dekat. Serem banget kalau penontonnya ikut kesurupan seperti itu

Balas

Terima kasih sudah membaca tulisan saya,

Silahkan berikan komentar dan tanggapan Anda tentang tulisan Saya diatas. Komentar Anda akan memberikan energi positif untuk Saya tetap semangat menulis kembali.

- Berkomentar lah dengan baik dan sopan
- Tidak perlu meninggalkan link aktif, karena Saya pasti akan mengunjungi kembali blog Anda.
- Subcribe jika tulisan Saya bermanfaat untuk Anda