Perlengkapan Kiper Futsal Yang Wajib Dipakai

Perlengkapan Kiper Futsal Yang Wajib Dipakai

Futsal merupakan salah satu permainan olahraga yang paling disukai. Permainan futsal hampir sama seperti olahraga sepak bola. Jika sepak bola bermain dilapangan tebuka, sedangkan futsal biasanya lapangannya didalam ruangan. Jumlah pemain yang ada dilapangan futsal adalah 5 orang, selebihnya merupakan pemain cadangan yang ada diluar lapangan. Seperti dalam sepak bola, futsal juga mengenal istilah untuk beberapa posisi antara lain, kiper, pemain belakang, pemain tengah, dan pemain depan. Bicara tentang kiper saya yakin anda sudah mengetahui peran kiper dalam permaina sepak bola maupun futsal. Kiper merupakan orang paling terakhir dalam sebuah team dalam pertahanan. Tugas seorang kiper yaitu mengamankan bola agar tidak masuk kegawang dan menjadi sebuah gol.

Kiper memang diberikan keistimewaan lebih yaitu bisa bermain menggunakan kaki maupun tangannya. Tetapi walaupun begitu seorang kiper juga dibatasi oleh aturan. Menjadi seorang kiper itu sangat penuh dengan tantangan. Benturan mungkin akan sering dirasakan jika anda menjadi seorang kiper. Untuk itu ada beberapan perlengkapan kiper futsal yang wajib dipakain saat bermain futsal agar aman. Sudah menggunakan perlengkapan kiper saja belum tentu terhindar dari cedera. Masih ingat kiper Persela Lamongan Choirul Huda, walaupun sudah menggunakan perlengkapan kiper namun benturan masih tetap terjadi hingga merenggut nyawanya. Untuk itu sebaiknya anda menggunakan beberapa perlengkapan kiper dibawah ini jika anda bermain futsal atau sepak bola sebagai seorang kiper untuk meminimalisir terjadinya cedera.

Perlengkapan Kiper Futsal Yang Wajib Dipakai

Perlengkapan Kiper Futsal Yang Wajib Dipakai
Perlengkapan Kiper Futsal Yang Wajib Dipakai

1. Seragam

Semua pemain futsal memang sebaiknya memakai seragam sebagai identitas team. Untuk seorang kiper seragamnya seharusnya berbeda dengan anggota team yang lain agar wasit, pemain, dan penonton bisa membedakan pemain lain dengan kiper.

2. Sarung tangan

Menjadi seorang kiper harus berani, berani mengambil keputusan dan berani menghadang laju bola yang ditedang kencang oleh pemain lawan. Sarung tangan menjadi perlengkapan yang penting bagi kiper futsal karena jika anda menjadi kiper dan tidak memakai sarung tangan kiper, dijamain tangan anda akan merah dan terasa sakit.

3. Sepatu futsal

Sepatu futsal juga merupakan perlengkapan kiper futsal yang wajib dipakai. Namun sebaiknya anda harus tahu terlebih dahulu tentang sepatu futsal karena sepatu futsal berbeda dengan septu sepak bola. Pada sepatu sepak bola memiliki beberapa pul untuk berpijak diatas rumput dan tanah asli agar tidak terpeleset, sedangkan sepatu futsal pada bagian bawah sepatu permukaannya rata dan tidak memeiliki pul karena tidak untuk bermain di lapangan rumput asli dan hanya untuk bermain dilapangan sitetis atau bahkan lapangan vinyl. Jadi jangan samakan sepatu futsal dan sepatu sepak bola ya.

4. Deker Futsal

Dalam permainan olahraga futsal memang sangat rawan cedera. Tidak sedikit pemain futsal yang mengalamai cedera patah kaki saat bermain futsal. Namun hal tersebut dapat anda hindari jika anda memakai deker futsal untuk melindungi tulang kaki anda. Resiko tulang kaki patah dapat diminimalisir.

5. Pelindung Kepala

Masih ingat cedera parah yang hampir merenggut nyawa kiper Peter Cech? Pelindung kepala merupakan perelengkapan kiper yang wajib dipakai oleh Peter Cech saat bermain sepak bola agar cedera yang pernah dialaminya tidak terulang kembali. Anda juga bisa memakai pelindung kepala agar kepala anda aman dari benturan dengan pemain lawan.

Permainan olahraga futsal memang menagasyikkan, tetapi jika anda tidak berhati-hati dan tidak menggunakan perlengkapan futsal yang lengkap mungkin saja anda akan mengalami cedera. Pakailah selalu perlengkapan futsal agar anda dapat bermain futsal dan aman. Jika anda menjadi seorang kiper futsal sebaiknya selalu memakai perlengkapan kiper futsal yang wajib dipakai.
Advertisement

Baca juga:

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar

Terima kasih sudah membaca tulisan saya,

Silahkan berikan komentar dan tanggapan Anda tentang tulisan Saya diatas. Komentar Anda akan memberikan energi positif untuk Saya tetap semangat menulis kembali.

- Berkomentar lah dengan baik dan sopan
- Tidak perlu meninggalkan link aktif, karena Saya pasti akan mengunjungi kembali blog Anda.
- Subcribe jika tulisan Saya bermanfaat untuk Anda