logo blog
Selamat Datang Di Blog Kompi Males
Terima kasih atas kunjungan Anda di blog Kompi Males,
semoga apa yang saya share di sini bisa bermanfaat dan memberikan motivasi pada kita semua
untuk terus berkarya dan berbuat sesuatu yang bisa berguna untuk orang banyak.

Cara Menebang Pohon Yang Benar dan Aman

Sekarang ini usaha parkir sepeda dirumah saya semakin mengalami perkembangan yang cukup pesat. Terkadang sampai tidak mampu menampung sepeda anak sekolah yang akan parkir. Untuk itu orang tua saya ingin usaha parkir sepeda diperluas. Disamping rumah saya memang masih ada tanah kosong yang bisa dimanfaatkan untuk membangun tempat parkir sepeda. Namun ada kendala yang harus dihadapi yaitu masih ada satu pohon yang cukup besar dipekarangan tersebut. Agar bisa dibangun tempat parkir dipekarangan tersebut maka pohon itu harus ditebang.

Rencananya Bapak saya ingin memanggil tukang untuk menebang pohon dipekarangan samping rumah saya. Pohon tersebut merupakan pohon petai. Disamping untuk memperluas area parkir, pohon petai tersebut juga ditebang karena membuat halaman menjadi kotor. Jadi ada musimnya pohon daun-daun pada pohon petai akan gugur dan membuat kotor halaman rumah. Karena alasan tersebut akhirnya pohon petai ditebang.

Sudah berhari-hari tukang yang akan menebang pohon tidak datang. Akhirnya Bapak saya sendiri yang menebang pohon dibantu oleh saya dan tetangga saya. Untuk menebang pohon ini harus ekstra hati-hati karena posisinya yang dekat dengan rumah.Untuk menebang pohon memang ada tekniknya. Tidak secara langsung ditebang melainkan ada persiapan-persiapannya.

Sebelum pohon ditebang, cabang-cabang pohon tersebut harus dipangkas. Hal ini bertujuan untuk mengurangi resiko kerusakan rumah karena terkena cabang-cabang pohon yang lumayan cukup kuat. Pastikan tidak ada cabang-cabang yang masih membuat resiko kerusakan. Pemangkasan cabang pohon sebelum ditebang dilakukan oleh bapak saya sendiri.

Setelah terasa cukup aman kemudian kaitkan tali pada batang pohon. Talinya harus yang kuat, anda bisa memakai tali tambang. Tali tersebut nantinya bertujuan sebagai media untuk menarik batang pohon yang ditebang agar arah jatuhnya sesuai dengan yang diharapkan.

Bapak saya dengan perlaha-lahan mulai menebang batang pohon. Saya dan tetangga saya siap-siap menarik tali tambang yang mengait batang pohon ke arah yang dikehendaki. Jika tidak ditarik maka dikhawatirkan batang pohon akan jatuh ke arah tempat parkit atau rumah. Bisa-bisa genteng tempat parkir dan rumah akan hancur jika batang pohon petai tersebut jatuh menimpa.

Tidak butuh waktu lama, batang pohon pun berhasil ditebang dengan selamat. Cabang=cabang pohon yang berserakan segera dibersihkan. Cabang pohon ini bisa dimanfaatkan sebagai kayu bakar untuk memasak. Lumayan jadi hebat bahan bakar untuk memasak. Sedangkan daunnya bisa untuk pakan kambing peliharaan Bapak saya.

Nah, itulah pengalaman saya tentang cara menebang pohon yang benar dan aman. Ingat ya, pastikan pohon sudah benar-benar aman untuk ditebang. Jangan lupa selalu utamakan keselamatan. Jangan terburu-buru dalam mengerjakan segala hal agar hasilnya baik dan seperti yang diharapkan.
Enter your email address to get update from Kompi Ajaib.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

Terima kasih sudah membaca tulisan saya,

Silahkan berikan komentar dan tanggapan Anda tentang tulisan Saya diatas. Komentar Anda akan memberikan energi positif untuk Saya tetap semangat menulis kembali.

- Berkomentar lah dengan baik dan sopan
- Tidak perlu meninggalkan link aktif, karena Saya pasti akan mengunjungi kembali blog Anda.
- Subcribe jika tulisan Saya bermanfaat untuk Anda

Copyright © 2013. Kang Yuli - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger