Pagelaran Wayang Kulit Di Kantor Balai Desa Klirong


Pagelaran wayang kulit kembali hadir menghibur masyarakat Desa Klirong dan sekitarnya. Pemerintah Desa Klirong akhirnya kembali menampilkan pagelaran wayang kulit semalam suntuk dalam rangka menyambut bulan sura atau tahun baru Islam. Acara ini rutin diadakan setiap 2 tahun sekali. Seperti biasanya acara tersebut diadakan di halaman Kantor Balai Desa Klirong. Pada pagelaran wayang kulit kali ini pemerintah desa Klirong mengundang Dalang kondang dari Banyumas yaitu Dalang Kukuh Bayu Aji dan Dalang Bima Setyo Aji. Siapa sih yang tidak kenal dengan dalang kondang tersebut. Masyarakat Jawa Tengah khususnya di daerah pasti sudah tau siapa Dalang Kukuh Bayu AJi.

Antusiasme warga untuk menonton pagelaran wayang kulit tersebut sangat tinggi. Bisa dilihat dari jumlah kursi tamu undangan yang penuh dan warga umum yang membludak menonton dari kejauhan. Selain membuat warga masyarakat terhibur, pagelaran wayang kulit ini juga menjadi ladang rezeki bagi para penjual. Terbukti di sepanjang jalan depan kantor balai desa Klirong tadi malam dipenuhi para penjual yang ingin mengais rezeki. Ada penjual mainan, penjual souvenir wayang kulit, penjual mie ayam, penjual bakso, penjual batu akik, dan tidak ingin ketinggalan penjual gambus atau golak pun menjajakan dagangannya pada malam tersebut. Di setiap pagelaran wayang kulit di daerah saya pasti selalu ada penjual gambus. Mungkin ini bisa disebut simbiosis mutualisme kali ya hehehe ....






Pada malam pertunjukan saya bersama ibu dan mba saya pun ingin melihat pagelaran wayang kulit di kantor balai desa Klirong. Tetapi karena penuh sesak oleh penonton dan suasana jalanan yang menjadi ramai penuh sesak, kami kahirnya memutuskan untuk membeli jajan saja. Cukup beli bakso telur puyuh dan beberapa ikat gambus untuk menikmati malam minggu. Sedangkan bapak saya menghadiri acara pagelaran wayang kulit tersebut hingga pukul 3 pagi.

Foto-foto diatas saya dapat dari teman saya yang menonton wayang kulit. Sebenarnya agak menyesal saya tidak menonton sampai acara berakhir, dilihat dari foto-foto diatas sepertinya acara pagelaran wayang kulit tersebut sangat meriah sekali. Saya harus menunggu 2 tahun lagi untuk bisa menyaksikan lagi pagelaran wayang kulit di kantor balai desa Klirong.

Reaksi:
Share this with short URL:

You Might Also Like:

How to style text in Disqus comments:
  • To write a bold letter please use <strong></strong> or <b></b>.
  • To write a italic letter please use <em></em> or <i></i>.
  • To write a underline letter please use <u></u>.
  • To write a strikethrought letter please use <strike></strike>.
  • To write HTML code, please use <code></code> or <pre></pre> or <pre><code></code></pre>.
    And use parse tool below to easy get the style.
Show Parser Hide Parser