logo blog
Selamat Datang Di Blog Kompi Males
Terima kasih atas kunjungan Anda di blog Kompi Males,
semoga apa yang saya share di sini bisa bermanfaat dan memberikan motivasi pada kita semua
untuk terus berkarya dan berbuat sesuatu yang bisa berguna untuk orang banyak.

Ucapan Sungkeman Pernikahan Dalam Bahasa Jawa

Pada saat menghadiri acara pernikahan seringkali saya merasa tertarik ingin mengetahui apa yang diucapkan para mempelai saat prosesi ucapan sungkeman pernikahan. Biasanya kedua pengantin akan melakukan tradisi sungkeman kepada orang tua maupun mertuanya. Hal ini mungkin dimaksudkan untuk memperoleh doa restu dari orang tua agar menjadi pernikahan yang sakinah, mawaddah, dan warrohmah.

Mungkin tidak hanya saya yang penasaran dengan ucapan sungkeman pernikahan. Bisa jadi anda juga kan? Apalagi anda yang akan melangsungkan pernikahan. Tenang saja ... Melalui artikel ini akan saya bahas mengenai ucapan sungkeman pernikahan. Namun disini saya akan memberikan contoh ucapan sungkeman pernikahan dalam bahasa jawa. Contoh ucapan sungkeman pernikahan ini saya dapat dari Mas Puji, teman saya yang memang sudah biasa menjadi MC ataupun acara saat pernikahan.

Nah, berikut ini adalah contoh ucapan sungkeman pernikahan dalam bahasa jawa. Silahkan dipelajari ya sob,.

Ucapan Sungkeman Pernikahan kedua mempelai kepada orang tua
Ucapan Sungkeman Pernikahan dari kedua mempelai kepada orang tua


Duh Bapa, sungkem kulo dateng panjenengan mboten namung nyuwun idzi pangestu dateng panjenengan bilih kawula badhe mbangun griya ingkang enggal. Mugi-mugi kanthi ridho lan pangestu panjenengan, keluarga kawula dados keluarga ingkang sakinah, mawaddah, lan warrohmah.

Contoh diatas tersebut merupakan sepenggal ucapan sungkeman pernikahan yang pendek dan simpel. Namun pada intinya ucapan tersebut adalah harapan sang anak kepada orang tua untuk memberikan doa restunya karena sang anak akan membangun sebuah keluarga yang baru, dan memohon doa kepada orang tua agar keluarganya nanti akan menjadi keluarga yang sakinah, mawaddah, dan warrohmah.

Nah, mudah-mudahan anda yang akan melangsungkan pernikahan mendapatkan sedikit gambaran tentang proses sungkeman nantinya. Apakah anda mempunyai ucapan sungkeman pernikahan dengan kata-kata yang lain? Yuk share saja pada bagian komentar dibawah, agar membantu orang lain yang akan melakukan ucapan sungkeman pernikahan.
Enter your email address to get update from Kompi Ajaib.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

8 komentar

Nice post gan.. Buat persiapan sebelum nikah :D

Balas

Baru tahu kalo sungkem itu pake baca, soalnya tiap liat manten cuma diem sekoci aja .. :#

Balas

Banyak macam ragam ucapan sungkeman ya kang, kalau basa sunda tentu lain lagi.. turut bangga jadi warga Indonesia yang begitu kaya akan adat istiadat dan budaya serta bahasa daerahnya.

Oya kang, tolong ajarin cara bikin iklan 4 kotak seperti diatas itu dong, gimana carnya ya?

Balas

sungkem dlu sama mastah nya hehe

Balas

pastinya gan,.nyari yang mau diajak nikah dulu deh gan hehe

Balas

Ada yang bilang hanya sekedar sungkem tanpa menguapkan kata-kata. Tapi mungkin lebih greget yang langsung mengucapkan kata-kata saat sungkeman kan gan?

Balas

Kalau dalam adat sunda tentu berbeda caranya ya mang?

Itu iklan jenis link mang. Buat iklan baru aja di dasboar google adsene yang model link.

Ngomong-ngomong udah diterima jadi publisher adsense ya mang?

Balas

waduh masih belajar gan,.. belum jadi mastahu

Balas

Terima kasih sudah membaca tulisan saya,

Silahkan berikan komentar dan tanggapan Anda tentang tulisan Saya diatas. Komentar Anda akan memberikan energi positif untuk Saya tetap semangat menulis kembali.

- Berkomentar lah dengan baik dan sopan
- Tidak perlu meninggalkan link aktif, karena Saya pasti akan mengunjungi kembali blog Anda.
- Subcribe jika tulisan Saya bermanfaat untuk Anda

Copyright © 2013. Kang Yuli - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger