logo blog
Selamat Datang Di Blog Kompi Males
Terima kasih atas kunjungan Anda di blog Kompi Males,
semoga apa yang saya share di sini bisa bermanfaat dan memberikan motivasi pada kita semua
untuk terus berkarya dan berbuat sesuatu yang bisa berguna untuk orang banyak.

Pengalaman Perpanjang STNK Sepeda Motor

Perpanjang STNK kendaraan bermotor ternyata sangatlah mudah sekali. Kebetulan kemarin saya baru saja mengurus pajak sepeda motor saya. Sepeda motor saya telah menunggak pajak selama 5 tahun hehehe,.. Jangan ditiru ya. Jika kita telat membayar pajak maka kita sendiri yang akan repot karena harus membayar tanggungan pajak yang begitu besar. Untungnya pada kesempatan ini saya membayar pajak pada saat ada program pemutihan pajak dari pemerintah. Artinya saya hanya membayar pajak pokoknya dan bebas biaya sanksi yang seharusnya saya terima. Lumayan kan bisa bebas dari denda pajak.

Selain harus membayar pajak, saya juga harus perpanjang STNK dan mengganti plat nomor polisi sepeda motor saya karena telah kadaluarsa. Plat nomor polisi sepeda motor saya seharusnya diganti pada bulan September tahun 2016, namun baru pada bulan Agustus 2017 ini saya ganti plat nomor polisi sepeda motor.

Untuk melakukan perpanjang STNK ada beberapa syarat yang harus dibawa. Syarat-syarat untuk perpanjang STNK adalah sebagai berikut :

1. STNK asli
2. KTP asli, KTP tersebut harus sesuai dengan identitas yang ada pada STNK

Untuk perpanjang STNK langkah pertama yang harus dilakukan adalah cek fisik sepeda motor. Cek fisik tersebut meliputi cek nomor rangka sepeda motor dan cek nomor mesin sepeda motor. Biasanya sudah ada petugas khusus untuk melakukan cek fisik dengan menggosok nomor rangka dan nomor mesin kendaaran. Namun perlu anda ketahui sebelum anda melakukan cek fisik anda harus mematuhi aturan yang berlaku. Aturan tersebut adalah sebagai berikut :

Seorang wanita sedang melakukan cek fisik sebagai syarat perpanjang STNK
Petugas sedang melalukan cek fisik pada sepeda motor yang akan melakukan perpanjang STNK

1. Spion harus komplit kanan dan kiri
2. Ban harus standar
3. Spedometer harus terpasang
4. Knalpot harus standar atau dibawah angka tingkat kebisingan yang sudah ditentukan

Setelah selesai melakukan cek fisik saya diminta mengumpulkan STNK asli, KTP asli, kemudian dimasukkan dalam sebuah map beserta hasil gosokan cek fisik nomor rangka dan nomor mesin tadi. Kemudian saya diminta untuk mengumpulkan berkas tersebut ke sebuah ruang. Ruangan tersebut ternyata adalah ruang verifikasi cek fisik. Diruangan tersebut akan dicocokan hasil cek fisik nomor rangka dan nomor mesin dengan data pada STNK.

Setelah itu saya menuju tempat pembayaran pajak. Saya harus membayar pajak dan biaya ganti plat nomor polisi. Saya harus membayar 1.735.000 untuk membayar pajak 5 tahun dan mengganti plat nomor saya. Beruntung saya membayar pajak saat ada pemutihan pajak, jika tidak mungkin biaya pajak motor saya semakin besar.

Itulah tadi sepenggal kisah saya dalam mengurus pembayaran pajak sepeda motor dan perpanjang STNK. Mudah-mudahan bisa menjadi gambaran anda yang akan membayar pajak kendaraan anda, ganti plat nomor, dan perpanjang STNK.
Enter your email address to get update from Kompi Ajaib.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

Terima kasih sudah membaca tulisan saya,

Silahkan berikan komentar dan tanggapan Anda tentang tulisan Saya diatas. Komentar Anda akan memberikan energi positif untuk Saya tetap semangat menulis kembali.

- Berkomentar lah dengan baik dan sopan
- Tidak perlu meninggalkan link aktif, karena Saya pasti akan mengunjungi kembali blog Anda.
- Subcribe jika tulisan Saya bermanfaat untuk Anda

Copyright © 2013. Kang Yuli - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger