Ternyata Begini Caranya Supaya Khatam Al-Quran Lebih Dari 1 Kali di Bulan Ramadhan

Bulan ramadhan adalah momentum yang tepat bagi kita umat muslim untuk memperbanyak berbuat baik. Melakukan perbuatan baik serta amalan-amalan di bulan puasa ramadhan akan mendapat pahala yang berlipat ganda. Salah satu amalan yang apabila dilakukan di bulan ramadhan mendapat pahala yang besar adalah membaca Al-Quran.

Maka banyak orang yang mengejar target bisa mengkhatamkan Al – Quran sebanyak mungkin atau lebih dari satu. Tapi bagaimana caranya supaya kita bisa mengkhatamkan 30 juz Al-Quran lebih dari sekali? Ada beberapa cara yang bisa kalian ikuti supaya bisa khatam lebih dari satu kali.

Cara Supaya Bisa Khatam Al-Quran Lebih Dari Satu Kali

Membaca Al-Quran untuk khatam AL-quran
Seorang pria membaca AL-Quran supaya bisa khatam Al-Quran lebih dari 1 kali di Bulan Ramadhan

1. Pasang Target Sesuai dengan Kemampuan

Sebelum memulai membaca Al – Quran siapkan target berapa banyak kita akan membaca Al-Quran. Jangan terlalu memaksakan, yang terpenting adalah kita juga harus memperhatikan kemampuan kita dalam membaca Al-Quran. Jika kita masih belum lancar membacanya, jangan menargetkan khatam Al-Quran banyak-banyak. Lebih baik pahami cara bacanya yang benar dengan memperhatikan hukum-hukum tajwid.

2. Siapkan Al - Quran Berukuran Kecil

Sudah punya Al – Quran yang ukurannya kecil? Kalau belum punya dan ingin mengkhatamkan Al-Quran lebih dari sekali dalam sebulan, cobalah untuk membelinya. Sehingga dengan ukurannya yang kecil, bisa kita bawa dengan mudah kemana-mana. Dan kita bisa membacanya di mana saja dan kapanpun tanpa repot-repot.

3. Baca Al-Qur’an Sebanyak 2 Lembar Sehabis Sholat

30 jus Al-Quran punya jumlah sebanyak 600 halaman. 600 halaman dibagi 30 hari maka hasilnya 20 halaman per hari. Kita bisa membacanya sehari sebanyak 20 halaman. Maka apabila 20 halaman dibaca sehabis shalat (5 kali) maka setiap shalat kita harus membaca 4 halaman atau 2 lembar. Dengan membaca sebanyak 2 lembar setiap habis shalat maka kita bisa khatam Al-Quran satu kali. Membaca 4 halaman atau 2 lembar setiap habis shalat hanya membutuhkan waktu sebanyak 6-7 menit saja. Jadi jika ingin khatam Al-Quran lebih dari sekali dalam sebulan, kita bisa membacanya lebih dari 2 lembar setiap habis shalat.

4. Bacalah Al-Quran Di Saat Kita Sempat

Selain membacanya setiap habis shalat, kita juga bisa membaca Al-Quran kapanpun dan di manapun di saat kita punya kesempatan. Kamu bisa membacanya saat menunggu kendaraan umum, di kantor. Oleh karena itu jika mau bepergian terlebih dahulu siapkan Al-Quran. Bisa dalam bentuk aplikasi smartphone atau yang berukuran kecil. Agar mudah di bawa ke mana saja.

5. Bacalah Al-Quran dengan Penuh Penghayatan 

Jangan sampai hanya karena ingin mengejar target khatam Al-Quran sebanyak mungkin, kita membacanya secara asal-asalan. Sebaiknya kita membaca dengan tartil dan pelan. Serta memperhatikan hukum-hukum bacaan seperti tajwid. Tujuannya supaya kita bisa menghayatinya, karena manfaat membaca Al-Quran bisa kita dapatkan melalui cara kita menghayatinya.

Sesuai dengan yang diterangkan pada salah satu ayat di dalam Surat Al-Muzzamil. “Dan bacalah Al-Quran dengan perlahan-lahan (tartil).” (QS. Al-Muzzamil:4)

Sebenarnya setiap orang mampu untuk khatam Al-Quran lebih dari satu sekali dalam sebulan. Yang pertama dan yang paling penting kita harus bulatkan niat kita. Selanjutnya kita bisa mempraktekkan cara-cara di atas supaya kita sukses khatam Al-Quran lebih dari sekali.

Postingan terkait:

1 Tanggapan untuk "Ternyata Begini Caranya Supaya Khatam Al-Quran Lebih Dari 1 Kali di Bulan Ramadhan"

Terima kasih sudah membaca tulisan saya,

Silahkan berikan komentar dan tanggapan Anda tentang tulisan Saya diatas. Komentar Anda akan memberikan energi positif untuk Saya tetap semangat menulis kembali.

- Berkomentar lah dengan baik dan sopan
- Tidak perlu meninggalkan link aktif, karena Saya pasti akan mengunjungi kembali blog Anda.
- Subcribe jika tulisan Saya bermanfaat untuk Anda