Tips and Sharing

Air Nira Kelapa Segar Dan Bermanfaat Untuk Kesehatan

Salah satu minuman yang mampu menyegarkan badan di saat cuaca panas salah satunya adalah nira kelapa. Nira kelapa adalah minuman yang berasal dari pohon kelapa. Saya sendiri kurang begitu paham bagaimana cara menyadap atau mengambil nira kelapa. Di tempat tinggal saya nira kelapa disebut dengan nama sajeng, sedangkan cara mengambil nira kelapa disebut dengan nderes. Biasanya kegiatan nderes dilakukan oleh kaum laki-laki. Mereka memanjat pohon kelapa dengan membawa wadah, biasanya wadahnya bebentuk tabung dari pohon bambu.

Selain rasanya yang menyegarkan, nira kelapa juga berguna bagi kesehatan tubuh kita. Kata ibu saya air nira kelapa dapat menyebuhkan penyakit hepatitis. Adalagi manfaat lain dari air nira kelapa, yaitu untuk pembuatan gula jawa. Gula jawa yang biasa ada di dapur untuk memasak itu terbuat dari air nira kelapa.

penjual nira kelapa

Kemarin saya juga menyempatkan mampir di warung yang menjual nira kelapa. Air nira kelapa disajikan bersama air es sungguh rasanya segar sekali, cocok untuk diminum pada siang hari ketika cuaca panas. Saya membeli nira kelapa di jalan raya ngijo di Kebumen. Disana banyak sekali penjual nira kelapa menjajakan dagangannya di warung pinggir jalan. Jika anda melewati daerah ngijoo di Kecamatan Rowokele Kabupaten Kebumen, silahkan mampir sejenak menikmati segarnya nira kelapa sambil istirahat sejenak melepas lelah. Harganya cukup terjangkau sekali, hanya dengan mengeluarkan uang Rp. 3000,- anda sudah dapat menikmati satu gelas besar air nira kelapa.

menikmati es nira kelapa


Selain bisa anda nikmati ditempat, air nira kelapa juga dapat anda jadikan oleh-oleh untuk anda bawa pulang. Seperti pada gambar dibawah ini, air nira kelapa dijual dengan dimasukkan ke dalam botol air mineral. Setiap 1 botol nira kelapa harganya Rp. 12000,- namun anda bisa menawarnya. Terlebih dahulu anda biasanya akan ditawari oleh penjualnya nira kelapa yang murni atau campuran. Maksudnya nira kelapa murni adalah air nira kelapa yang benar-benar asli nira kelapa dan belum tercampur dengan bahan-bahan lainnya. Nira kelapa campuran adalah nira kelapa yang sudah dicampur dengan air yang sudah dimasak terlebih dahulu. Tentu saja rasanya lebih segar nira kelapa yang murni.

nira kelapa murni dan campuran

Cara membedakan nira kelapa yang murni dan campuran sangat gampang. Anda bisa melihatnya dari warna nira kelapa tersebut. Jika warnanya agak kecoklatan berarti nira kelapa tersebut adalah campuran. Jika warnanya putih bersih berarti adalah nira kelapa yang murni. Nira kelapa yang murni pada bagian atas permukaannya biasanya banyak sekali busa-busa, sedangkan nira kelapa campuran tidak mengandung busa.

Air nira kelapa rasanya manis dan segar. Apakah anda tertarik ingin mencobanya? Jika anda melewati Kabupaten Kebumen sempatkanlah mampir di warung nira kelapa di Jalan Raya Ngijo, Rowokele.

Berlangganan: Masukkan e-mail Anda untuk mendapatkan kiriman artikel terbaru dari Kang Yuli langsung di pesan kotak masuk.

feedburner

0 Komentar untuk "Air Nira Kelapa Segar Dan Bermanfaat Untuk Kesehatan"

Terima kasih sudah membaca tulisan saya,

Silahkan berikan komentar dan tanggapan Anda tentang tulisan Saya diatas. Komentar Anda akan memberikan energi positif untuk Saya tetap semangat menulis kembali.

- Berkomentar lah dengan baik dan sopan
- Tidak perlu meninggalkan link aktif, karena Saya pasti akan mengunjungi kembali blog Anda.
- Subcribe jika tulisan Saya bermanfaat untuk Anda

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *