logo blog
Selamat Datang Di Blog Kompi Males
Terima kasih atas kunjungan Anda di blog Kompi Males,
semoga apa yang saya share di sini bisa bermanfaat dan memberikan motivasi pada kita semua
untuk terus berkarya dan berbuat sesuatu yang bisa berguna untuk orang banyak.

5 Tips Ampuh Supaya Tidak Mudah Sakit Gigi

Sakit gigi adalah salah satu gangguan mulut yang bisa menyerang siapa saja, tak pandang bulu. Dari anak-anak hingga orang dewasa bisa terkena gangguan mulut ini. Sakit gigi akan membuat penderitanya merasa kesakitan dan tergangu aktivitasnya. Misalnya tidak bisa tidur, mau makan gigi terasa sakit, dan lain sebagainya.

Penyebabnya bisa dikarenakan gigi berlubang, radang gusi, erosi gigi, dll. Karena itulah sangat penting bagi kita untuk menjaga kesehatan gigi kita. Sehingga bisa terhindar dari faktor-faktor yang menyebabkan sakit gigi tersebut.

Tips Ampuh Tidak Mudah Sakit Gigi

Tips Ampuh Tidak Mudah Sakit Gigi
Sumber Gambar : Alodokter.com

Nah, supaya kita tidak mudah sakit gigi, ada beberapa tips di bawah ini. Apa saja tipsnya? Mari kita ulas satu-persatu.

1.Sikat Gigi Secara Benar

Banyak kasus di mana orang-orang sakit gigi, padahal sudah rajin dan teratur gosok gigi. Kira-kira apa yang salah? Kesalahannya terletak bagaimana cara orang tersebut menyikat giginya.

Lalu bagaimana cara yang benar?

Menyikat gigi yang benar yaitu menyikat gigi seri (depan) bagian atas ke arah bawah. Sementara gigi seri (depan) bagian bawah disikat ke arah atas. Selanjutnya, gigi geraham disikat secara mendatar. Usahakan waktu menyikat gigi geraham agar lebih lama. Karena bagian ini lebih banyak sisa-sisa makanan yang melekat daripada bagian lainnya.

2.Sikat Gigi Secara Teratur

Sikat gigi secara teratur juga dapat membuat kita tidak mudah sakit gigi. Sikat gigi secara teratur maksudnya kita harus menyikat gigi di waktu yang tepat. Dan dilakukan secara teratur alias tertib. Waktu yang disarankan untuk sikat gigi adalah di pagi hari setelah selesai sarapan dan malam sebelum tidur.

3.Lakukan Kumur Setelah Makan

Setelah makan pasti sisa makanan akan menempel di gigi. Tidak mungkin juga kan setiap selesai makan harus sikat gigi? Cara terbaik yaitu dengan berkumur. Berkumur akan menghilangkan sisa-sisa makanan tersebut. Sisa-sisa makanan tersebut mengandung asam yang tidak baik bagi kesehatan gigi. Oleh sebab itulah, biasakan berkumur setiap selesai makan. Entah itu makan snack, camilan, makanan ringan, atau buah-buahan. Meski kelihatan sepele, namun itu akan mencegah kita dari sakit gigi.

4.Kurangi Mengkonsumsi Jenis Makanan Mengandung Gula

Ada alasan mengapa kita sewaktu kecil tidak boleh banyak makan permen oleh ibu atau ayah kita. Makanan yang mengandung banyak gula seperti permen, kue,cokelat, gulali, dan sebagainya bisa menyebabkan gigi berlubang. Gigi yang berlubang akan mengakibatkan anak-anak sering sakit gigi. Karena pada makanan yang mengandung gula atau pemanis terdapat zat asam. Zat asam inilah yang menjadi biang kerok gigi berlubang. Jadi, mulai sekarang kurangilah makan makan yang banyak mengandung gula. Terutama buat anak-anak, karena gigi mereka sedang dalam masa pertumbuhan.

5.Periksakan Gigi Secara Rutin

Tips terakhir ini penting, tapi jarang dilakukan oleh sebagian besar dari kita. Ya, memeriksakan gigi secara rutin akan mencegah terjadinya sakit gigi. Paling tidak periksakan gigi kita ke dokter gigi setiap 6 bulan sekali. Pemeriksaan gigi setiap 6 bulan sekali akan mencegah kemungkinan terjadinya gigi berlubang. Karena dokter akan segera melakukan penanganan kalau ada lubang kecil terdeteksi pada gigi. Sehingga lubang gigi tersebut tidak akan membesar dan menyebabkan sakit gigi.

Dengan melakukan tips-tips di atas, kita bisa mencegah terjadinya sakit gigi. Dan ke depannya kita tidak akan mudah sakit gigi lagi. Bukankah lebih baik mencegah daripada mengobati?

Artikel by : Habib Fahad
Enter your email address to get update from Kompi Ajaib.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

Terima kasih sudah membaca tulisan saya,

Silahkan berikan komentar dan tanggapan Anda tentang tulisan Saya diatas. Komentar Anda akan memberikan energi positif untuk Saya tetap semangat menulis kembali.

- Berkomentar lah dengan baik dan sopan
- Tidak perlu meninggalkan link aktif, karena Saya pasti akan mengunjungi kembali blog Anda.
- Subcribe jika tulisan Saya bermanfaat untuk Anda

Copyright © 2013. Kang Yuli - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger