logo blog
Selamat Datang Di Blog Kompi Males
Terima kasih atas kunjungan Anda di blog Kompi Males,
semoga apa yang saya share di sini bisa bermanfaat dan memberikan motivasi pada kita semua
untuk terus berkarya dan berbuat sesuatu yang bisa berguna untuk orang banyak.

Bahaya Cotton Bud Untuk Membersihkan Telinga

Menjaga kebersihan merupakan hal yang penting bagi kita sebagai manusia. Terutama bagi seorang muslim dikatakan bahwa "kebersihan adalah sebagian dari iman". Hampir yang ada pada tubuh kita harus kita jaga kebersihannya, tidak terkecuali kebersihan pada telinga. Pada artikel ini saya akan share sedikit pengalaman yang sering saya temui ketika saya bekerja dirumah sakit.

Artikel ini juga terinpirasi dari kejadian nyata yang saya temui ketika ditempat kerja. Waktu itu teman saya, sebut saja namanya Mas Deden yang dinobatkan sebagai pria paling ganteng ditempat kerja saya datang keruangan rawat inap meminta teman perawat untuk mengeluarkan cotton bud yang ada didalam telinganya.

Cotton Bud tersebut tertinggal di dalam telinga ketika Mas Deden membersihkan telinganya. Tidak tahu kenapa sehingga kapas cotton bud sampai tertinggal di dalam telinga. Mungkin karena terlalu bersemangat saat membersihkan telingan sehingga tanpa disadari kapas cotton bud tertinggal di dalam telinga.

Akhirnya dengan bantuan Mas Heri orang yang paling ganteng nomor 2 ditempat saya kerja mencoba membantu mengeluarkan kapas cotton bud yang tertinggal di dalam telinga Mas Deden. Namun karena penjepit (saya tidak tahu persis nama alatnya karena saya bukan seorang perawat) terlalu besar, Mas Heri tidak dapat mengeluarkan kapas cotton bud yang tertinggal di dalam telinga Mas Deden.

bahaya cotton bud untuk membersihkan telinga

Kasus kapas cotton bud yang tertinggal di dalam telingan seringkali terjadi di rumah sakit. Menurut sumber yang saya baca dari website resmi RS Panti Waluyo, kebanyakan orang menganggap bahwa apabila tidak membersihkan telinga akan mengganggu pendengaran, sehingga banyak sekali ditemukan dalam masyarakat membersihkan telinga dengan cotton bud. Namun cara itu dianggap bukanlah cara yang efektif, karena membersihkan telinga dengan cotton bud kadang menyebabkan kotoran yang ada di dalam telinga masuk ke dalam, sehingga sebenarnya kotoran telinga tidak benar-benar keluar malah bisa menumpuk di dalam telinga.

Selain itu membersihkan telinga dengan cotton bud juga beresiko tertinggalnya kapas cotton bud di dalam telinga, seperti kasus teman saya tersebut. Membersihkan telinga dengan cotton bud boleh saja dilakukan namun cukup sesekali saja. Karena sebetulnya kotoran telinga juga mempunyai fungsi yaitu melindungi dari kotoran yang masuk ke dalam telinga yang dapat menimbulkan kerusakan dan infeksi.

Sebaiknya pilihlah cotton bud yang memiliki kualitas bagus untuk membersihkan telinga. Di toko-toko banyak sekali tersedia cotton bud, namun cotton tersebut memiliki kualitas yang berbeda. Anda sebaiknya memilih cotton bud yang kedua kapas pada masing-masin ujung cotton bud terpasang dengan kuat. Hal ini untuk menhhindari resiko tertinggalnya kapas cotton bud di dalam telinga.
Enter your email address to get update from Kompi Ajaib.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

3 komentar

Waduh, ngeriii.. aku kalo bersihin pake cotton bud juga. gatau kalo kualitasna deh Apa balik ke jaman dulu ya? pake bulu ayam?

Balas

Kalau saya jarang bersihin telinga pake cotton bud kang, sesekali pake jenis logam itu lho.. tapi hrs hati-hati kalau ggak, bisa luka bagian dalam telinganya.

Balas

Terlalu semangat kali itu orang paling ganteng di tempat kerjanya pada saat membersihkan telinga.
Saya mah gak ada masalah dengan telinga bagian dalam, cuman daun telinga yang selalu terasa kotor jadi sering saya bersihkan pake tangan dan sering berdarah. Padahal kotor mah nggak cuman jadi kebiasaan aja.

Balas

Terima kasih sudah membaca tulisan saya,

Silahkan berikan komentar dan tanggapan Anda tentang tulisan Saya diatas. Komentar Anda akan memberikan energi positif untuk Saya tetap semangat menulis kembali.

- Berkomentar lah dengan baik dan sopan
- Tidak perlu meninggalkan link aktif, karena Saya pasti akan mengunjungi kembali blog Anda.
- Subcribe jika tulisan Saya bermanfaat untuk Anda

Copyright © 2013. Kang Yuli - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger