logo blog
Selamat Datang Di Blog Kompi Males
Terima kasih atas kunjungan Anda di blog Kompi Males,
semoga apa yang saya share di sini bisa bermanfaat dan memberikan motivasi pada kita semua
untuk terus berkarya dan berbuat sesuatu yang bisa berguna untuk orang banyak.

Penyebab Kembung Pada Perut Ikan Lele

Sebagai peternak lele tentunya sangat mengharapkan panen ikan lele yang melimpah agar usaha budidaya ikan lele terus berkembang dan mendapatkan banyak keuntungan. Namun apa jadinya bila ikan lele yang dibudidayakan banyak yang mati. Salah satu penyebab paling banyak ikan lele mati adalah karena perut ikan lele kembung. Mungkin untuk anda yang sudah malang melintang hal ini bukanlah menjadi ancaman serius bagi usaha budidaya ikan lele anda. Tetapi jika anda baru pertama kali terjun pada budidaya ikan lele pasti akan cemas melihat banyak ikan lele mati dengan perut yang kembung.

Saya sendiri hampir satu tahun memelihara ikan lele. Pada waktu pertama kali saya memelihara ikan lele juga sempat dibuat pusing karena banyak ikan lele saya yang mati dengan perut kembung. Namun sekarang saya sudah tahu cara mencegah agar perut ikan lele tidak kembung dan tidak banyak yang mati.

penyebab ikan lele kembune

Ikan lele merupakan ikan yang sangat rakus. Sebanyak apapun anda memberi makan, ikan lele tidak akan pernah berhenti untuk makan. Akibatnya perut ikan lele menjadi kembung dan menganggu pencernaan. Untuk itu sebaiknya anda memberi takaran tertentu jika anda memberi makan ikan lele. Selain karena makan terlalu banyak, tekanan gas didalam air juga menjadi penyebab ikan lele mempunyai perut kembung. Bakteri dropsy juga bisa mengakibatkan perut ikan lele kembung.

Untuk mencegah agar perut ikan lele tidak kembung saya biasanya memberi makan ikan lele yang saya bibis terlebih dahulu. Bibis adalah mambasahi pakan ikan lele dengan air, lebih bagus dengan air yang hangat. Fungsinya agar pakan ikan lele mengembang. Jadi jika kita memberi makan ikan lele tanpa proses bibis dikhawatirkan ikan lele akan makan terlalu banyak dan pakan ikan lele akan mengembang didalam perut ikan lele sehingga membuat perut ikan lele kembung.
Enter your email address to get update from Kompi Ajaib.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

10 komentar

selain bakteri dropsy, pasti kembungnya ikan lele mang admin gegara keseringan begadang karena hobinya ngblog tuh lele...coba dikerokin atuh mang...ikan lelenya kasihan

Balas

bukannya biar cepat besar ya???

Balas

kalo kembung kan keliatan gemuk dan bagus kalo dijual kayaknya hehe

Balas

yang hobinya begadang mang admin nih, gara-gara dapet kuota jam pocong

Balas

ada teknik sendiri buat kasih makan lele, alih-alih cepat besar kalau makannya gak di kontrol malah bisa mati

Balas

hehehe yang ada mati sebelum dijual

Balas

Kalau saya dulu tak kasih ramuan pakai daun pepaya gan 😂

Balas

Kalau saya kembung karena banyak makan gan.... hahahaha

Balas

Sekarang di internet banyak di share cara beternak ikan lele kang, bisa di jadikan rujukan kalo mau mulai bisnis lagi... Jangan menyerah, hehe..

Balas

loh saya kira bkn kembung mas, tpi lg pregnant :D hehe
klo ikan lele gendut bgus dong mas, cpet besar.
tpi klo mati :( diksh makan ayam aja mas, jd ayamnya endut. siap dilahap deh klo udh besar..hehe

Balas

Terima kasih sudah membaca tulisan saya,

Silahkan berikan komentar dan tanggapan Anda tentang tulisan Saya diatas. Komentar Anda akan memberikan energi positif untuk Saya tetap semangat menulis kembali.

- Berkomentar lah dengan baik dan sopan
- Tidak perlu meninggalkan link aktif, karena Saya pasti akan mengunjungi kembali blog Anda.
- Subcribe jika tulisan Saya bermanfaat untuk Anda

Copyright © 2013. Kang Yuli - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger