Golak, Jajanan Tradisional Khas Kebumen

Golak adalah salah satu jajanan tradisional khas Kabupaten Kebumen. Anda bisa menjumpai jajanan Golak di pegelaran wayang kulit, kuda lumping dan pertunjukan seni lainnya di Kebumen. Kebetulan malam ini tanggal 18 Agustus 2016 diadakan pegelaran wayang kulit semalam suntuk di Kantor Kecamatan Klirong untuk memperingati HUT RI ke 71, dan pesan bapak Saya untuk dibelikan Golak.

Saya yakin belum banyak yang tahu tentang Golak. Buktinya pada pesan BBM ada beberapa teman yang menanyakan nama makanan yang Saya jadikan DP. Salah satu teman Saya dari daerah Puring menanggapi kalau yang Saya foto bukanlah Golak, tetapi Gembus. Kemudian Saya jadi bingung, memang banyak yang mempunyai perbedaan penyebutan untuk nama makanan ini.

Setelah Saya mencari perbedaan Golak dan Gembus di internet akhirnya Saya menyimpulkan jika Golak dan Gembus adalah sama. Yang membedakan adalah dari segi bentuknya. Golak berbentuk menyerupai angka 8, sedangkan Gembus berbentuk 0. Selain dikenal dengan nama Golak dan Gembus, makanan tradisional khas Kebumen ini juga dikenal dengan nama "Enggeng".

Golak, Jajanan Tradisional Khas Kebumen

Untuk bahan pembuatan Golak adalah dari Singkong. Saya belum tahu pasti bagaimana cara membuat Golak atau Gembus. Yang sudah pasti Saya tahu adalah rasa gurihnya ketika jajanan Golak mampir di mulut Saya.

Golak sangat nikmat sekali untuk menemani waktu santai Anda. Biasana Saya menikmati Golak dengan cara dicocol dengan saus pedas atau kecap manis ketika Golak masih dalam keadaan panas setelah digoreng. Rasanya dapat Anda bayangkan sendiri hehehe ... Jika tidak bisa Anda bayangkan, Saya sarankan untuk mencobanya.

Saya amat senang sekali jika Anda ingin mencoba makanan tradisional khas Kebumen ini. Untuk itu silahkan bagi Anda yang ingin merasakan nikmatnya Golak, Anda bisa menghubungi Saya melalui halaman contact. Saya akan mengirimkan Golak melalui paket yang langsung menuju alamat rumah Anda. Ongkos beli dan ongkos kirim silahkan Anda tanggung sendiri ya hehehe ...

Postingan terkait:

5 Tanggapan untuk "Golak, Jajanan Tradisional Khas Kebumen"

  1. jujur saja saya baru tahu nama dan bentuk makanan seperti itu kang. jadi Golak ini hanya ada di kebumen saja kang ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya juga baru tahu kang makanan golak ini, kalau kolak saya tahu, hehe...

      Hapus
    2. Kalau lanting sama nggak mas? kata temen saya bahannya sama dari ketela/singkong juga..

      Hapus
    3. masih menjadi pertenyaan d hati. Keluarga saya nyebutnya golak, tapi orang lain bilangnya itu gembus.

      Kalau lanting yang kecil-kecil kang, bentuk angka 8. Sekarang tersedia aneka rasa.

      Hapus
  2. Ternyata jualan golak juga hahaha
    Belum pernah tahu jajanan ini bisa dicoba kalau pas jalan2 ke kebumen

    BalasHapus

Terima kasih sudah membaca tulisan saya,

Silahkan berikan komentar dan tanggapan Anda tentang tulisan Saya diatas. Komentar Anda akan memberikan energi positif untuk Saya tetap semangat menulis kembali.

- Berkomentar lah dengan baik dan sopan
- Tidak perlu meninggalkan link aktif, karena Saya pasti akan mengunjungi kembali blog Anda.
- Subcribe jika tulisan Saya bermanfaat untuk Anda