Tips and Sharing

Cara Merawat Kacamata Agar Awet Tahan Lama

Cara merawat kacamata merupakan hal yang sangat mudah dilakukan. Untuk memiliki kacamata yang awet, merawat dengan baik adalah salah satu kuncinya. Kacamata selain dibutuhkan untuk membantu penglihatan juga mempunyai fungsi lain yaitu untuk gaya. Saat ini banyak orang berjualan kacamata fashion dengan model-model terkini khusus untuk Anda yang ingin berpenampilan menarik dengan memakai kacamata.

Karena berfungsi juga untuk menunjang penampilan tentunya kacamata mata yang Anda pakai harus dalam keadaan baik, bersih, dan terawat. Jangan sampai kacamata yang Anda pakai terlihat kusam,  banyak goresan pada lensa, dan frame yang terlihat bengkok-bengkok.

Lalu bagaimana cara merawat kacamata yang baik dan benar?

Berikut ini tips cara merawat kacamata yang akan Saya sampaikan. Saya selalu menggunakan cara ini selama 11 tahun Saya menggunakan kacamata. Hasilnya selama 11 tahun tersebut Saya hanya mengganti kacamata sebanyak 3 kali.


Tips Cara Merawat Kacamata Yang Baik 

1. Selalu bersihkan kacamata setelah dipakai dan sebelum dipakai

Biasakanlah untuk membersihkan kacamata sebelum dipakai dan setelah dipakai. Jika Anda bersihkan kacamata sebelum Anda pakai akan terlihat bersih dan tidak kusam. Jika Anda bersihkan kacamata setelah Anda pakai akan membersihkan kotoran yang menempel pada lensa kacamata Anda. Biasanya jika tidak segera dibersihkan kotoran yang menempel pada lensa kacamata akan sulit untuk dibersihkan.

2. Bersihkan lensa kacamata dengan cairan pembersih khusus kacamata

Lensa kacamata adalah bagian yang paling penting pada kacamata. Untuk itu perlu perawatan khusus agar lensa kacamata tetap awet digunakan. Salah satunya adalah dengan memberikan cairan khusus pembersih lensa kacamata pada saat Anda membersihkan kacamata. Cairan khusus pembersih lensa kacamata dapat Anda dapatkan di toko kacamata.

Jangan gunakan baju Anda untuk membersihkan kacamata.  Jangan sekali-kali Anda membersihkan lensa kacamata dalam keadaan kering karena hal tersebut dapat membuat goresan pada lensa kacamata. Akibatnya akan mengganggu penglihatan Anda.

Jika Anda belum mempunyai cairan khusus untuk membersihkan lensa kacamata, Anda dapat menggunakan air. Bersihkan lensa kacamata dibawah kran air.

3. Gunakan kain yang lembut untuk membersihkan kacamata

Gunakanlah kain yang lembut untuk membersihakan kacamata terutama pada bagian lensa. Jangan menggunakan kain dengan bahan yang kasar untuk membersihkan kacamata karena dapat menimbulkan goresan pada lensa. Jangan gunakan kain baju Anda untuk membersihkan kacamata. Lebih baik jika tidak ada kain yang lembut Anda gunakan tissue yang halus.

4. Hindari kacamata dari cairan panas

Pengalaman Saya waktu itu mandi di kolam pemandian air panas dengan menggunakan kacamata. Setelah selesai mandi timbul bercak-bercak pada lensa kacamata. Bercak-bercak tersebut tidak bisa dihilangkan dan sangat mengganggu penglihatan. Setelah Saya cari informasi melalui internet barulah Saya tahu jika lensa kacamata dapat rusak apabila terkena air panas. Untuk itu sebaiknya Anda lepas kacamata jika Anda sedang mandi air panas atau di tempat sauna.

5. Selalu simpan kacamata pada tempatnya

Jika Anda memutuskan untuk melepas kacamata sebaiknya simpanlah kacamata Anda pada tempatnya. Biasanya setiap membeli kacamata Anda diberikan wadahnya untuk menyimpan. Dengan menyimpan kacamata pada wadahnya Anda tidak akan lupa letak kacamata Anda jika Anda akan memakainya kembali. Selain itu menyimpan kacamata pada wadahnya akan melindungi kacamata Anda dari hal yang tidak diinginkan misalnya terjatuh, terjepit, ataupun terinjak.

Demikian tips cara merawat kacamata yang selama ini Saya lakukan. Terbukti selama 11 tahun Saya baru memakai 3 kacamata. Yang terakhir pun ganti kacamata karena ukuran minus mata yang bertambah, bukan karena kacamata yang rusak
Tag: Tips

Berlangganan: Masukkan e-mail Anda untuk mendapatkan kiriman artikel terbaru dari Kang Yuli langsung di pesan kotak masuk.

feedburner

10 Komentar untuk "Cara Merawat Kacamata Agar Awet Tahan Lama"

avatar

Wah saya mah gak pakai kacamata nih mas :) mungkin hal ini bisa di terapkan pada bapak saya yang punya kacamata :)

avatar

Saya jarang merawat kaca mata mas paling cuma ngelap doang kalau ada debunya itu saja dipakenya cuma kalau naik motor

avatar

Bersyukur mas, enak gak pakai kacamata. Semoga berguna tips saya buat bapak mas. Salam buat bapaknya

avatar

Biasanya setelah naik motot apalagi perjalanan jauh lensa kacamata kotor banget mas. Harus segera dibersihkan biar kotoran tidak lengket.

avatar

poin nomer lima yang paling mujarab mah, abis disimpen ditempatnya jangan dipake selama 2,3 tahun...pasti awetmerejet pisan tah

avatar

thanks master, terima kasih nih udah mampir di gubug ane

avatar

hehehe bisa aja nih mang lembu

avatar

saya merasa risih pke kacamata mas, pke lensa jg gak betah sptnya. pdahal mata saya minusnya lumayan, ngeliat org cakep aja gak bisa. gak bisa dri jarak jauhh :D haha

avatar

oh gitu ya mba, berarti kalo mau liat saya haris pake kacamatanya dulu mba hihihihi

Terima kasih sudah membaca tulisan saya,

Silahkan berikan komentar dan tanggapan Anda tentang tulisan Saya diatas. Komentar Anda akan memberikan energi positif untuk Saya tetap semangat menulis kembali.

- Berkomentar lah dengan baik dan sopan
- Tidak perlu meninggalkan link aktif, karena Saya pasti akan mengunjungi kembali blog Anda.
- Subcribe jika tulisan Saya bermanfaat untuk Anda

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *