Keseleo? Sebaiknya Jangan Diurut, Berbahaya !!!

Keseleo merupakan keadaan dimana ligamen pada persendian tangan atau kaki cedera. Keseleo sering dialami oleh olahragawan, tetapi Anda yang beraktivitas seperti biasa juga pasti pernah merasakan keseleo.

Biasanya keseleo ditandai dengan pembengkakkan dan rasa sakit nyeri. Biasanya keseleo terjadi pada pergelangan kaki atau pergelangan tangan.

Jika Anda mengalami keseleo sebaiknya segera ditangani dengan serius karena  jika tidak bisa menimbulkan kecacatan dan rasa sakit yang tidak kunjung hilang.

Namun, sebaiknya Anda hindari mengurut atau memijat pada bagian yang keseleo karena dapat berakibat fatal.

Pengalaman yang sering Saya temui, pasien datang dengan kaki bengkak karena keseleo dan baru saja diurut. Setelah Saya lakukan foto rontgen ternyata kakinya tidak hanya bengkak, melainkan remuk atau patah. Bisa Anda bayangkan sendiri kaki yang patah diurut, pasti sakit banget kan? Bukannya kesembuhan yang didapat tapi penderitaan yang bertambah. Biasanya kasus ini terjadi pada orang desa yang kurang mengetahui penanganan saat menderita keseleo.

Tips Cara Mengobati Keseleo

Berikut ini hal-hal yang perlu Anda perhatikan  jika Anda keseleo.

Sumber Gambar : id.wikihow.com


1. Jangan Dipijat

Biasanya jika seseorang terkena keselo akan langsung memijat bagian yang sakit. Namun, saya sarankan jangan dipijat. Takutnya bukan kesemebuhan yang didapat melainkan penderitaan yang bertmabah seperti yang telah Saya sampaikan di atas.

2. Kompres Dengan Air Es

Kompres bagian yang keseleo dengan air es. Tujuannya untuk membantu mengurangi rasa sakit dan mencegah pembangkakan agar tidak meluas. Anda bisa melakukannya sesegera mungkin setelah keseleo.

3.  Balut Dengan Perban Elastis

Untuk mencegah terjadinya membatasi pembengkakan dan meminimalisir terjadinya pergerakan pada bagian yang sakit Anda bisa membalutnya dengan perban elastis. Anda bisa membelinya di apotek terdekat.

4. Lumuri Dengan Parutan Jahe

Sudah banyak orang yang mengetahui tentang khasiat jahe untuk keseleo. Jahe bisa mengurangi rasa sakit akibat keseleo. Anda bisa melumuri kaki atan tangan Anda yang keseleo dengan parutan jahe.  Ingat ya, hanya dilumuri saja, jangan diurut.

5. Istirahat

Jika kaki atau tangan Anda keseleo sebaiknya istirahatkan kaki atau tangan Anda. Kurangi aktivitas berat yang dapat menyebabkan rasa sakit pada kaki atau tangan Anda yang terkena keseleo.

Baca juga : Penyakit ganglion dan cara penanganannya

Jika langkah-langkah diatas Anda lakukan dengan benar, kaki atau tangan Anda yang keseleo bisa sembuh dengan sendirinya. Namun jika terus mengalami bengkak dan sakit yang tidak kunjung sembuh segeralah Anda periksakan ke dokter. Untuk lebih jelasnya Anda bisa konsultasikan dengan dokter ortopedi.



Postingan terkait:

12 Tanggapan untuk "Keseleo? Sebaiknya Jangan Diurut, Berbahaya !!!"

  1. Okeh juga tipsnya sepertinya bisa dicoba, tapi biasanya kalau saya keseleo suka dipijit tapi gak papa kok malahan sembuh besoknya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya gak apa-apa sih mas, cuma saya pribadi lebih baik periksa. Soalnya kalau gak kebeneran efeknya seperti yang saya jelaskan di artikel

      Hapus
  2. Ohh baru tau saya keseleo tidak boleh diurut. Terima kasih mas infonya sangat membantu

    BalasHapus
    Balasan
    1. terima kasih kembali, semoga bermanfaat

      Hapus
  3. Kalau sayamah pake parutan jahe atau engga pake koyo yang panas, biar anget gituh...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama mas, paling cuma saya olesi parutan jahe. elus-elus dikit aja

      Hapus
  4. enkanya di apain mas....

    BalasHapus
  5. wah justru saya selama ini kalau keseleo entah itu karna akibat habis main bola selalu di bawa tukang urut mas...habis tukang urutnya cewek masih muda cantik lagi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Perawan atau janda yang mijit mas? Kalau boleh tau alamatnya dimana, saya jadi kepinging di pijit juga kalau gitu hehehe

      Hapus
  6. bisa jadi yang bermasalah bukan karena di pijat, tapi tukang pijatnya yang kurang paham

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tidak tahu pasti juga gan, soalnya pasien saya rata-rata baru dipijit. Mungkin juga tukang pijitnya gak tau kalau patah tulang, kan patah tulang gak bisa nyambung kalau cuma dipijit, kalau pun bisa gak akan bisa seperti semula.

      Hapus
  7. jadi kalau di pijat itu hal yang salah ya kang ? pantes saja waktu itu saya keseleo terus langsung di pijat malah jadi bengkak dan lebih sakit :(

    BalasHapus

Terima kasih sudah membaca tulisan saya,

Silahkan berikan komentar dan tanggapan Anda tentang tulisan Saya diatas. Komentar Anda akan memberikan energi positif untuk Saya tetap semangat menulis kembali.

- Berkomentar lah dengan baik dan sopan
- Tidak perlu meninggalkan link aktif, karena Saya pasti akan mengunjungi kembali blog Anda.
- Subcribe jika tulisan Saya bermanfaat untuk Anda