Cara Mengirim dan Menerima Uang Wesel di Kantor Pos

Cara Mengirim dan Menerima Uang Wesel di Kantor Pos - Kantor Pos sekarang ini tidak hanya melayani jasa pengiriman surat atau pengiriman barang saja. Salah satu produk jasa yang menjadi unggulan kantor Pos yang lain ialah jasa pengiriman uang.

Dengan menggunakan jasa pengiriman uang melalui kantor Pos Anda tidak perlu susah-susah untuk membuat rekening seperti di Bank. Tidak hanya melayani pengiriman di dalam negeri, bahkan kantor Pos melayani pengiriman uang ke dan dari luar negeri. Wester Union adalah salah satunya, bahkan raksasa Google menggunakan Western Union untuk mengirimkan uang pembayaran para publisher mereka. Para TKI dan TKW diluar negeri pun sangat terbantu dengan hadirnya layanan pengiriman uang melalui kantor Pos.

cara mengirim dan menerima uang wesel di kantor pos


Selain Western Union, kantor Pos juga memiliki layanan jasa pengiriman uang di dalam negeri yang biasa disebut dengan wesel Pos. Dengan wesel Pos Anda dapat mengirim sejumalah uang tanpa perlu menggunakan rekening. Wesel Pos dahulu adalah layanan jasa pengiriman uang melalui kantor Pos yang sudah terkenal. Dahulu wesel pos menjadi andalan dalam pengiriman uang. Namun seiring kemajuan jaman wesel Pos seakan terlupakan dengan menjamurnya berbagai layanan ATM Bank di Indonesia.

Tidak semua orang jaman sekarang mengetahui cara mengirim dan menerima uang di kantor POS. Hampir setiap orang lebih memilih menggunakan ATM untuk mentransfer sejumlah uang karena dianggap paling mudah dan praktis.

Namun bagaimana jika si penerima uang jauh dari ATM Bank atau bahkan si penerima yang akan Anda kirimi uang tidak memiliki rekening Bank? Nah, disini sebaiknya Anda perlu mengetahui tentang layanan wesel Pos.

Pada artikel ini akan dibahas mengenai cara mengirim dan menerima uang wesel di kantor Pos. Tidak ada salahnya Anda mengetaui tentang informasi ini. Mungkin suatu saat nanti Anda akan menggunakan wesel Pos untuk mengirim uang.

Cara Mengirim dan Menerima Uang Wesel di Kantor Pos

Seperti informasi yang ditulis di web resmi Pos Indonesia, wesel Pos merupakan layanan penerimaan dan pengiriman uang yang memberikan terhadap kecepatan, ketepatan, dan keamanan kiriman uang Anda, baik secara domestik maupun internasional.

Keunggulan Wesel Pos
Beberapa keunggulan saat menggunakan layanan wesel Pos yang bisa Anda temui :
  1. Jangkauan Luas, didukung  dengan Pos Online yang hampir ada di setiap daerah di Indonesia memberikan kemudahan Anda untuk melakukan trasnfer dan pengambilan uang di Kantor Pos terdekat.
  2. Cepat dan mudah, Anda tinggal mendatangi kantor Pos terdekat serta mengisi dan menyerahkan formulir kepada petuga, setelah Anda menerima slip transfer pada saat itu juga transfer uang Anda sudah dapat di ambil oleh penerima transfer di kantor pos terdekat.
  3. Aman dan handal, dari transaksi setor sampai pencairan memberikan kepastian bahwa transfer uang Anda diserahkan kepada orang yang berhak menerimanya.
  4. Terlacak, Anda dapat melakukan pelacak melalui web.
 Jenis - Jenis Wesel Pos
  1.  Wesel Pos Prima, sarana pengiriman uang untuk tujuan diseluruh Indonesia, menjangkau seluruh pelosok sampai kecamatan dengan layanan diantar. Produk kiriman uang cepat sampai, bisa diantar sampai rumah.
  2. Wesel Pos Korporat, wesel pos yang yang diselanggarakan untuk melayani kebutuhan mitra (pelanggan bisnis) yang bersifat periodik/insidental yang memberikan kemudahan prosedur layanan. Biasanya layanan wesel korporat digunakan untuk mengirimkan, mendistribusikan dana dengan jumlah transaksi tertentu dan waktu tertentu.
  3. Wesel Pos Kemitraan, wesel pos yang diselenggarakan untuk melayani kebutuhan mitra (pelanggan bisnis) yang diikat dengan perjanjian kerja sama.
  4. Wesel Pos Instan, adalah layanan pengiriman uang baik dari maupun ke kota aau ke desa yang pasti sampai ke alamat tujuan dalam waktu seketika (secepat mengirim sms). 
Nah, itulah tadi jenis-jenis wesel pos yang harus Anda ketahui. Sekarang kita hanya akan membahas tentang wesel pos instan.

cara mengirim dan menerima uang wesel di kantor pos

Cara mengirim uang melalui wesel pos instan :
  1. Datanglah ke kantor Pos terdekat dengan membawa sejumlah uang untuk Anda transfer, jangan lupa membawa uang lebih karena akan dikenakan sejumlah biaya transfer. 
  2. Katakan pada petugas bahwa Anda ingin mengirim uang melalui 'wesel pos instan".
  3. Anda akan diberikan formulir pengiriman uang, isilah formulir pengiriman uang tersebut sesuai data yang diminta. Data yang diminta antara lain, nama pengirim, alamat pengirim, nama penerima, alamar lengkap penerima, nomor kartu identitas penerima, dan jumlah nominal uang yang akan Anda kirim.
  4. Serahkan formulir yang telah Anda isi beserta uang yang akan Anda kirim.
  5. Tunggu sebentar sampai petugas melakukan transaksi, jika sudah Anda akan diberikan slip sebagai tanda bukti transaksi beserta PIN dan NTP (Nomor Transaksi Pusat), PIN dan NTP  nantinya digunakan oleh penerima untuk mengambil uang yang telah ANda transfer.
  6. Transaksi sudah selesai, sekarang beritahukan PIN dan NTP kepada penerima.
Cara  mengambil uang melalui wesel pos instan : 
Jika Anda adalah penerima uang wesel, maka yang harus Anda lakukan untuk mengambil uang kiriman melalui wesel adalah sebagai berikut,
  1. Datang ke kantor pos terdekat dengan membawa KTP asli dan fotocopy.
  2. Beritahukan kepada petugas bahwa Anda ingin mengambil uang kiriman wesel.
  3. Berikan KTP asli dan fotocopy kepada petuga, jangan lupa berikan juga PIN dan NTP.
  4. Petugas akan melakukan transaksi.
  5. Selamat uang Anda sudah bisa diambil.
Nah, bagaiman mudah kan mengirim dan menerima uang melalui wesel pos?

Sekian informasi mengenai cara mengirim dan menerima uang wesel di kantor pos. Silahkan share jika bermannfaat. 


Postingan terkait:

13 Tanggapan untuk "Cara Mengirim dan Menerima Uang Wesel di Kantor Pos"

  1. Wah kirim saya dunk mas lewat wester union heheh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo mas saliman kan sudah sering dikirimin sama mbah gugel. hehehe

      Hapus
  2. wah aku blum prnh nih ngirim uang lwat wesel. coba dong mas yuli kirimin uang lewat wesel ke alamat saya, biar saya pny pengalaman ambil uang di kantor pos :D :D wkwkw

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehehe ,.. kebalik kali.

      Mungkin hampir sama kali ya sama ngambil uang WU. Pasti mbah Rahayu kan sudah pernah pengalaman ambil PO adsense nya hehehe,. mungkin tidak beda jauh

      Hapus
  3. Maaf admin minta bantuan nya..saya kan dapet kiriman dari luar nengri ke wesel union..tapi tidak bisa di ambil..di karenakan ektp saya ektp lampung mohon info nya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setau saya pengirim akan mengirimkan uang sesuai dengan KTP penerima (anda), asal KTP anda sesuai dengan saat pengirim mengirimkan uang.. pasti uangnya dapat diambil kok.

      Coba kosultasi ke kantor POS terdekat

      Hapus
  4. Kaak mau nanya dong, klo sya mau pketin barang kan hrus ad fto copy asli, klo fto copyany boleh gk yah, soal'y ktp asliq d kmpung gmn nih, bantu dong mksh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo yanti,

      Sebelumnya saya ucapkan terima kasih sudah mampir blog saya.

      Kalau boleh tau paket lewat ekspedisi apa? POS,JNE, Tikus atau apa?

      Kalau lewat pos setau saya gak membutuhkan ktp jika kita ingin paket barang. Tapi saya kurang tau jika kebijakannya sudah berubah.

      Saran, sebaiknya dimanapun berada selalu bawa ktp asli. Jangan ditinggal di kampung.

      Hapus
  5. Gmn kak bs gk klo pke fto copyan ktp klo mau paketin barang

    BalasHapus
  6. Saya kan masih pelajar umur 15th apakah bisa menerima wesel pos instan dg menyerahkan kartu pelajar?

    BalasHapus
  7. Mau tanya dong..
    Kalau mengambil wesel ke kantor pos bisa gak mengambil nya tidak orang yang di ktp itu. Misalnya dari luar negeri mengirim kan ke ktp ibu saya. Tapi yang ambil bapa saya. Apakah itu bisa atau tidak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tidak bisa gan, harus dengan orang yang punya KTP

      Hapus
  8. Maaf mas saya mau nanya saya masih pelajar bisa gk ngambil nya pake kartu pelajar?

    BalasHapus

Terima kasih sudah membaca tulisan saya,

Silahkan berikan komentar dan tanggapan Anda tentang tulisan Saya diatas. Komentar Anda akan memberikan energi positif untuk Saya tetap semangat menulis kembali.

- Berkomentar lah dengan baik dan sopan
- Tidak perlu meninggalkan link aktif, karena Saya pasti akan mengunjungi kembali blog Anda.
- Subcribe jika tulisan Saya bermanfaat untuk Anda