Tips and Sharing

3 Hal Yang Bisa Membuat Blogger Pemula Frustasi

Banyak alasan seseorang untuk menjadi blogger. Dari mulai hobi, ingin curhat, memberikan manfaat untuk banyak orang, dan mencari penghasilan. Yang Saya sebutkan terakhir tadi adalah alasan paling banyak untuk menjadi seorang blogger. Saya pun begitu, apakah Anda juga?

Menjadi seorang blogger memang berpeluang untuk memperoleh penghasilan dari blog dengan bekerja sama menjadi pubisher di Google Adsense. Banyak sudah blogger-blogger di Indonesia yang sudah merasakan begitu gurihnya penghasilan dari ngeblog.

Anda bisa melihat sendiri sekarang ini banyak group sharing yang membahas tentang Google Adsense. Anda bisa menemukan group-group tersebut baik di Google Plus maupun group Facebook. Disana Anda bisa belajar bersama dengan para blogger-blogger lain untuk bisa membuat blog secara benar sehingga bisa menghasilkan.

Sayangnya banyak blogger mati sebelum berperang.

Apakah Anda maksud dengan pernyataan Saya di atas?

3 Hal Yang Bisa Membuat Blogger Pemula Frustasi

Jadi begini, Saya sendiri pun merasakannya. Sebagai seorang blogger pemula biasanya kita hanya fokus pada hasilnya Saja. Lebih-lebih setelah kita melihat foto-foto penghasilan Google Adsense para mastah di group sharing. Blogger pemula pasti hanya melihat enaknya saja, hanya ingin hasilnya saja. Tapi lupa tentang proses cara mendapatkannya.

Sebelumnya Saya lebih sering ngeblog dengan wordpress gratisan dimana kita tidak bisa untuk menjadi seorang publisher adsense sebelum upgrade ke domain premium. Kemudian Saya mulai melirik blogspot karena dari segi tampilan menurut Saya blogspot lebih menarik. Kebanyakan blog yang sudah menjadi mitra Google Adsense juga Saya lihat memakai paltform blogger/blogspot.

Untuk itu dalam 3 bulan terkahir ini Saya memutuskan untuk membuat blog dengan platform blogger/blogspot. Mungkin sudah ada belasa blog yang Saya buat. Tetapi semuanya tidak terurus. Paling banyak update beberapa artikel lalu bikin blog baru lagi dan seterusnya.

Ini adalah blog yang terakhir Saya buat. Di blog ini Saya baru menyadari dari pengalaman Saya sendiri. Ternyata selama ini Saya kalah sebelum berperang. Saya hanya mengangkat senjata namun tidak pergi berperang. Saya hanya membuat blog namun tidak terurus.

Mungkin pengalaman pribadi ini tidak hanya Saya saja yang mengalami. Saya yakin sebagian blogger pemula pasti akan merasakan hal yang serupa. Terlebih jika alasannya menjadi seorang blogger karena ingin memiliki penghasilan yang besar seperti screenshot para mastah blogger di group sharing.

Saya mendapatkan 3 point penting tentang hal-hal yang membuat blogger frustasi.

1. Tampilan Blog

Semua pasti setuju jika tampilan blog merupakan hal pertama yang membuat blogger pemula menjadi frustasi. Saya kemarin merasakannya. Saya merasa bahwa tampilan blog Saya kurang menarik. Bagaimana pengunjung akan suka kalau tampilan blog saja kurang menarik.

Tapi ternyata alasan tersebutlah yang membuat Saya kalah sebelum berperang. Saya hanya terlalu memikirkan tampilan tapi melupakan isi blog yang seharusnya Saya tampilkan. Setiap hari hanya mengurusi tampilan blog, bahkan Saya bisa ganti template 5x sehari. Ujung-ujungnya membuat artikel pun sekenanya saja.

2. Tidak Ada Pengunjung

Dengan hadirnya pengunjung akan semakin menambah semangat kita untuk terus ngeblog. Tapi bagaimana jika kita baru membuat blog baru? Tentu saja harus membangunnya dari nol. Ibarat membuat rumah kita harus menyusun batu bata satu persatu sampai rumah itu jadi.

Parahnya bagi sebagian blogger pemula mereka lupa kenapa blognya sepi pengunjung. Bagaimana tidak sepi, posting artikel saja sedikit dan hanya mengurusi tampilan blog saja.

Tips dari Saya biar blog tidak sepi, rajin-rajinlah bersosialisasi. Walaupun ini duniay maya tapi tetap saja kita sebagai user adalah manusia biasa yang sejatinya adalah makhluk sosial. Caranya bersosialisasi adalah dengan rajin-rajin blogwalking, memberikan komentar dan pendapat Anda pada blog orang lain, perbanyak pertemanan terutama melalui media Google Plus yang sudah diberikan gratis oleh Google untuk mempromosikan blog Anda.

3. Tidak Diterima Google Adsense

Menjadi seorang publisher Google Adsense adalah salah satu tujuan dari seseorang untuk ngeblog. Sehingga jika tujuan itu tidak tercapai biasanya semangat untuk ngeblog pun akan berkurang, bahkan bisa berhenti untuk ngeblog. Padahal banyak masih cara memanfaatkan blog menjadi pundi-
pundi uang selain dengan Google Adsense.

Saran Saya sebaiknya jangan terlalu ngotot dengan tujuan Anda. Berpikirlah ngeblog adalah sesuatu yang menyenangkan, sesuatu yang mengasyikkan, yang bisa memberikan manfaat bagi orang lain.

Demikian 3 hal yang bisa membuat blogger pemula frustasi yang dapat Saya sampaikan. Maaf apabila dalam penyampaian masih sulit dimengerti karena kemampuan merangkai kata saya yang acak-acakan. Maklum, namanya juga blogger pemula. Yang penting tetap semangat menulis. Salam blogger.




Tag: Blog

Berlangganan: Masukkan e-mail Anda untuk mendapatkan kiriman artikel terbaru dari Kang Yuli langsung di pesan kotak masuk.

feedburner

22 Komentar untuk "3 Hal Yang Bisa Membuat Blogger Pemula Frustasi"

avatar

Saya pun sebagai Blogger pemula seperti itu mas :) tapi untuk masalah tidak di terima oleh Google Adsense menurut saya itu harus di jadikan dorongan yang memotivasi untuk kita kedepannya agar lebih baik lagi :) memang sih di tolak oleh Google Adsense lebih pedih daripada di tolak oleh seorang wanita tetapi dengan begitu kita harus terus mengejarnya :D

avatar

Salah satu magnet orang membuat blog memang adalah penghasilan lewat google adsense dan itu juga saya alami mas.

Namun ketika pertama buat blog saya sama sekali ndak tau kalau blog bisa menghasilkan uang.

Jadi yah waktu itu cuma posting dan posting aja tanpa memikirkan adsense atau apapun.

Jadi blogger yang dapat menghasilkan uang itu memang kudu sabar mas, karena semua butuh proses dan tentu tidak instant. Salam blogger And Happy Blogging Mas Dwi.

avatar

saya sangat setuju mas....g usah terlalu ngotot dengan hasil . Berpikirlah ngeblog adalah sesuatu yang menyenangkan, sesuatu yang mengasyikkan, yang bisa memberikan manfaat bagi orang lain.

avatar

Yang penting tetap semangat ngeblog ya mas masalah hasil belakangan.

avatar

iya mas saat ini saya juga sedang berusaha menjadi seorang publisher. kemarin-kemarin khilap cuma ngurusin template aja hehehe

avatar

betul mas, takutnya kalo terlalu ngotot bisa-bisa kena stres ya mas hehe.. terima kasih sudah berkunjung

avatar

Saya juga termasuk bloger pemula yang prustasi,tapi bukan karena ditolak adssensce,karena saya jual produk sendiri,prustasinya karena DA dan PA blog saya 0 padahal perasaan rajin posting dan publish di media sosial.

avatar

Sepertinya kalau yang paling umum yang point ke 2 dan 3 deh kang karena kedua point tersebut dulu pernah saya alami dan waktu itu saya hampir frustasi juga dan untungnya perlahan lahan mual ada pengunjung yang datang dan alhamdulillah sudah lumayan.

avatar

nggak ada pengunjung ama ditolak adsense bisa bikin blogger menghilang dari jagat maya tuh mas hehehehehehehehehe :D

Iya bikin frustasi tuh pastinya... :D Cute Share... :D

avatar

kalu sampe stress....bisa gagal bloggernya ya mas..

avatar

Semoga ketiga hal tersebut tidak membuat kita menyerah ya mas, malah harus tambah semangat dalam ngeblog, salam...

avatar

Walaupun saya terbilang sudah cukup lama ngeblog, tapi yang benar2 aktif baru sekitar 3 bulan ini, kalau yg dulu mah hanya iseng2 aja... hehe... jadi gak masalah lama atau baru yag penting semangatnya mas...

avatar

kalau saya bikin blog cuma eksis dan posting yang bermanfaat hehe.. kalaupun adsense bisa dikatakan bonus

avatar

Wah...iya kudu telaten posting sesuai minat dan passion.
Saya blm daftar adsense...
Blog buat nulis reportase event dan lomba hihihihi

Salam kenal Mas Dwi :D

avatar

mungkin belum rejeki mas, harus ditambah lagi semangatnya

avatar

alhamdulillah ya kang, saya lihat blog mas juga udah malah melintang di dunia perblogingan hehe ... karena setiap saya blogwalking pasti ada kang nurul iman hehe

avatar

Tapi akhirnya mas dian gak ikutan frustasi ya mas, malahan sekarang jadi publisher adsense, doakan saya bisa menyusul mas. Terima kasih kunjungannya

avatar

Oke mas, semoga saya masih bisa terus semangat ngeblog mas

avatar

bonusnya sekarang udah gede dong mba hehe .. terima kasih kunjungannya ya

avatar

Salam kenal juga mba arinta,. terima kasih kunjungannya di blog saya yang sederhana ini.

avatar

jika tujuan ngeblog adalah adsense gak perlu ngeblog saja kecuali sudah ahli menulis. ujung2nya copas sana-sini.

Terima kasih sudah membaca tulisan saya,

Silahkan berikan komentar dan tanggapan Anda tentang tulisan Saya diatas. Komentar Anda akan memberikan energi positif untuk Saya tetap semangat menulis kembali.

- Berkomentar lah dengan baik dan sopan
- Tidak perlu meninggalkan link aktif, karena Saya pasti akan mengunjungi kembali blog Anda.
- Subcribe jika tulisan Saya bermanfaat untuk Anda

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *